alexametrics
Rabu, 08 Jul 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Pendataan Penerima Bansos di Jombang Final, 206.107 KK Terverifikasi

06 Mei 2020, 16: 57: 04 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Sekdakab Jombang Akhmad Jazuli.

Sekdakab Jombang Akhmad Jazuli. (Wenny Rosalina/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Usai banyak menuai sorotan publik, pemkab akhirnya merampungkan pendataan calon penerima bantuan dampak Covid-19. Baik calon penerima BLT Kemensos, BLT Pemprov, BLT Pemkab, serta BLT DD (Dana Desa).

Adapun rinciannya, penerima BLT Kemensos sebanyak 51.134 KK (Kepala Keluarga), APBD Provinsi dan Kabupaten 112.686 KK, dan 42.287 KK akan menerima BLT Dana Desa. “Jumlah penerima BLT APBD akan dipecah, ada yang menerima dari kabupaten ada yang menerima dari provinsi,” ungkap Sekdakab Jombang Akhmad Jazuli.

Adapun pembagiannya, sebanyak 77.686 KK akan menerima BLT dari APBD Kabupaten dan sebanyak 35.000 KK akan menerima bantuan dari APBD Provinsi.  Untuk bantuan dari APBD Kabupaten ditetapkan sebesar Rp 200 ribu per KK.

Sedangkan untuk APBD Provinsi masih menjadi tarik ulur, apakah nanti diberikan dalam bentuk sembako, atau dalam bentuk tunai. “Yang dari APBD Pemprov masih belum jelas, nanti sembako apa tunai, kalau dari kabupaten nanti jelas tunai,” tambahnya.

Jazuli tak menampik jika penyaluran bantuan molor. Bantuan yang seharusnya akan diberikan pada April baru akan diberikan Mei, sementara jatah bantuan untuk Mei akan diterimakan Juni, dan untuk jatah Juni akan diterimakan Juli.

“Yang kita berikan, kita sesuaikan dengan kemampuan APBD. Kalau kita berikan sama dengan kemensos Rp 600 ribu, nanti tidak bisa merata,” tambahnya. Disinggung kapan penyaluran bantuan dilakukan, ditegaskan Jazuli secepatnya. “Akan kami salurkan secepatnya, agar segera bisa dimanfaatkan masyarakat,” pungkas Jazuli.

Sebelumnya, hingga memasuki pekan pertama Mei, belum ada kepastian penyaluran BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa).Sampai kini, proses pendataan calon penerima bantuan dampak Covid-19 belum final.

“Ini sudah masuk ke verifikasi pendataan ketiga,” ujar Solahudin Hadi Sucipto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Jombang kemarin.

Sesuai target, data calon penerima BLT DD kemarin sudah klir, namun lantaran masih ada kendala sehingga hingga sekarang data belum final. “Ada beberapa kecamatan yang masih belum selesai, jadi kita tunda terlebih dahulu,” imbuh Sholahudin.

Dia menambahkan, terkait proses pendataan memang harus jeli, agar tidak ada tumpang tindih dengan bantuan yang ada di kemensos. Sehingga, hal ini yang menjadi kendala. Terlebih lagi, yang mempunyai data Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  adalah dari dinas sosial.

“Jadi kita minta tolong ke dinas sosial untuk membantu melakukan pendataan,” ungkapnya.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia