alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Satu ASN Positif Covid-19, Pelayanan Puskesmas Pulorejo Masih Aktif

19 April 2020, 18: 45: 04 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Puskesmas Pulorejo Kecamatan Ngoro

Puskesmas Pulorejo Kecamatan Ngoro (Azmy Endiyana/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Pulorejo Kecamatan Ngoro tetap aktif seperti biasa, meski satu perawatnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Gatut Wijaya, Sekretaris Dinas Kesehatan Jombang mengatakan, pelayanan puskesmas tidak perlu ditutup karena memang pegawai yang mengikuti pelatihan di Asrama Haji Sukolilo itu langsung melakukan karantina.

”Jadi tidak perlu dilakukan penutupan pelayanan,” ujarnya saat dikonfirmasi kemarin (18/4). Hanya saja, untuk menanggulangi penyebaran Covid-19, pihaknya melakukan penyemprotan di puskesmas tersebut. Selain itu, juga dilakukan rapid test ke pegawai puskesmas lainnya.

Baca juga: DPPKBPPPA dan IPeKB Peduli Masyarakat Jombang, Bagi Sembako dan Masker

”Ini untuk mengetahu pasien itu kontak dengan siapa, sehingga kami juga melakukan rapid test ke semua pegawai,” terang Gatut. Sejauh ini semua hasil rapid test yang dilakukan sudah keluar dan hasilnya negatif. ”Hasilnya negatif, jadi ya nggak perlu ditutup, karena itu untuk pelayanan masyarakat juga,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pegawai Puskesmas Pulorejo itu tercatat sebagai peserta pelatihan petugas haji di Surabaya sebagai tenaga kesehatan Kabupaten Jombang. Pada 31 Maret, yang bersangkutan dirawat di RSUD Jombang.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan rapid test hasilnya positif dan foto rontgen menunjukkan paru-paru ada masalah. Kemudian 6 April dilakukan tes swab, dan 10 April hasil tes swab dinyatakan positif. Hanya saja, pasien positif ini bertempat tinggal di Kertosono sehingga masuk data positif Covid-19 Kabupaten Nganjuk.

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP