alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Direktur RSUD Jombang: Pasien Positif Covid-19 Pertama Belum Sembuh

Hingga Senin Sore Swab Kedua Belum Keluar

06 April 2020, 21: 00: 11 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

dr Pudji Umbaran, Direktur RSUD Jombang

dr Pudji Umbaran, Direktur RSUD Jombang (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Pasien positif Covid-19 pertama asal Kabupaten Jombang, sampai saat ini masih menunggu hasil uji swab kedua.

Hingga Senin (6/4) sore pukul 15.00 WIB tadi, swab kedua yang diambil saat pasien kontrol ke RSUD Jombang Selasa (31/3) lalu, masih belum keluar.

”Sampai sekarang belum keluar, tapi pengambilan sampel sudah kemarin Selasa. Tinggal menunggu hasilnya,” ungkap dr Pudji Umbaran, Direktur RSUD Jombang sore tadi.

Ia kembali menegaskan jika pasien memang bisa dikatakan sehat secara klinis. Bahkan yang bersangkutan sudah beraktifitas seperti orang sehat lainnya.

Hanya saja belum ada konfirmasi yang akurat jika tubuhnya sudah terbebas dari virus korona. Sebab hasil uji swab kedua memang belum keluar.

Ia menyatakan, sudah satu minggu setelah uji swab kedua dilakukan. Estimasi yang diperkirakan lima hari hasil keluar, namun sepertinya molor lagi.

Sehingga belum ada keputusan pasien sudah negatif atau masih positif. Uji swab, lanjut Pudji, idealnya dilakukan dua kali untuk memastikan jika pasien betul-betul sudah negatif dari virus korona.

Namun media yang dipakai untuk mengambil sampel jumlahnya juga terbatas. Sehingga bisa jadi uji swab ulang hanya dilakukan satu kali.

Pihaknya menjelaskan, terbatasnya media untuk uji swab membuat petugas medis harus bijaksana siapa saja yang perlu diuji swab. Penggunaannya juga harus tepat sasaran.

“Kalau kita boros malah berisiko ke yang lain, kita tidak tahu covid-covid lainnya. Tapi uji swab itu hasilnya akurat, kalau dinyatakan negatif pasti negatif. Untuk memastikan kita upayakan ada pengambilan swab ulang lagi,” tambahnya.

Ia menambahkan setelah hasil uji swab kedua pasien positif pertama ini keluar, pasien tidak bisa langsung berinteraksi dengan masyarakat. Tim medis terlebih dahulu akan rapat lebih dulu untuk memastikan si pasien betul-betul aman.

“Masalah itu nanti akan dibicarakan lagi setelah swab kedua keluar. Tapi kalau dilihat dari kronologi awalnya dia merasakan gejala sampai masuk RSUD, sudah hampir satu bulan, sepertinya aman. Tapi keputusan akan diberikan nanti setelah tim rapat,” pungkas Pudji.

Penjelasan Direktur RSUD Jombang ini juga diperkuat dengan data yang diupdate Pemprov Jatim. Hingga Senin (6/4) pukul 17.00 WIB tadi, belum ada satu pun pasien positif Covid-19 yang dinyatakan negatif virus korona atau sembuh. (*)

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia