alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Dinas P dan K Jombang Tunggu Surat Resmi Penghapusan UNBK

27 Maret 2020, 11: 34: 41 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Ilustrasi, simulasi UNBK

Ilustrasi, simulasi UNBK (Dok/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP ditiadakan pemerintah pusat, kemarin siang (24/3). Namun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jombang menunggu surat resmi dari Kemendikbud.

”Memang keputusannya UN akan dihapus, namun secara resmi kami belum menerima surat dari pusat,” ujar Kepala Dinas P dan K Agus Purnomo, kemarin. Informasi tersebut disampaikan usai acara rapat dengar pendapat yang dilakukan jajaran Kemendikbud RI dan DPR di Jakarta.

Kendati informasi tersebut sudah diterima, namun dia belum berani memastikan di Jombang. Semua implementasi kebijakan di daerah masing-masing harus tetap mengacu surat resmi secara tertulis. ”Bagaimanapun juga landasan kita harus dalam bentuk surat, sama halnya dengan surat edaran mengenai Covid-19 kemarin. kami akan menindaklanjuti jika surat resmi sudah kita terima,” papar dia.

Meski begitu, Agus menegaskan apapun keputusan pemerintah pusat akan ditindaklanjuti di daerah. Termasuk pengahapusan UN jenjang SD, SMP hingga SMA. Lantas bagaimana untuk menentukan kelulusan siswa? Ia menyebut  UNBK bukan untuk menentukan kelulusan siswa.

Dalam dua tahun terakhir ini, yang menentukan kelulusan adalah Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). Karena itulah USBK di Jombang baik jenjang SD maupun SMP, tetap akan dilaksanakan sebagai syarat kelulusan siswa. ”Pelaksanaannya sesuai surat edaran kemarin, kita tunda sebagai tindaklanjut perpanjangan masa sosial distancing  Covid-19,” papar dia.

Jadwal USBK sendiri akan dibahas ulang dengan kelompok kerja kepala sekolah (K3S) dan musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) setelah masa social distancing berakhir. ”Jadi akan kita bahas setelah 4 April bersama semua pihak,” pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia