alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Sosialisasi Larangan Besuk Minim, Pengunjung RSUD Jombang Kecele

18 Maret 2020, 17: 48: 45 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Spanduk pengumuman penutupan besuk pasien yang dipasang RSUD Jombang.

Spanduk pengumuman penutupan besuk pasien yang dipasang RSUD Jombang. (Wenny Rosalina/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Sosialisasi larangan menjenguk pasien rawat inap di RSUD Jombang, lemah. Mulai kemarin (17/3) tidak diperkenankan ada kunjungan pasien rawat inap di RSUD Jombang. Akibatnya, banyak kerabat dan masyarakat yang kecele setelah tiba di rumah sakit plat merah tersebut.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, dr Pudji Umbaran, Direktur RSUD Jombang tak menampik. “Kita membatasi mulai kemarin, karena semua serba mendadak jadi kita sosialisasikan sekedarnya, dan masih memberi kelonggaran bagi yang membesuk dalam satu dua hari ini, selanjutnya akan diperketat,” ungkap dr Pudji kemarin.

Larangan untuk menjenguk pasien diberlakukan untuk meminimalisir potensi penularan Covid-19 di Jombang. Belum bisa dipastikan sampai kapan aturan tersebut berlangsung. Jika disesuaikan dengan aturan pemerintah pusat, maka akan diberlakukan sampai 29 Maret nanti.

“Kita sosialisasi seadanya melalui banner dan media sosial, tapi saya sudah mengintriksikan untuk diumumkan melalui media,” tambah Pudji. Ia lantas menyebut beberapa aturan baru yang diberlakukan selama menunggu pasien.

Diantaranya, hanya satu orang penunggu untuk pasien dewasa, dan dua orang untuk pasien anak-anak. Selain itu ada pembatasan jumlah pasien rawat jalan, yaitu satu orang pengantar. Pihaknya juga menerapkan sistem screening untuk siapa saja yang masuk ke RSUD Jombang.

Baru dilakukan hari ini (18/3), pemeriksaa suhu tubuh. Terutama untuk penjaga pasien. “Tapi kita masih kesulitan mencari alat, langka dan sangat mahal, sementara akan kita pakai beberapa yang kita punya, terutama yang menunggu pasien,” pungkas dia. (*)

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia