alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Cegah Virus Korona, Siswa MAN 1 Jombang Ciptakan Hand Sanitizer

17 Maret 2020, 10: 58: 15 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Proses pembuatan Hand Sanitizer yang dilakukan siswa siswi MAN 1 Jombang.

Proses pembuatan Hand Sanitizer yang dilakukan siswa siswi MAN 1 Jombang. (Azmy Endiyana Z/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Mencuci tangan dengan hand sanitizer sebagai antisipasi persebaran virus korona, lagi digalakkan. Penggunaan cairan antiseptik ini pun tidak harus dibeli. Siapapun bisa membuat sendiri di rumah maupun di sekolah.

Dari laboratorium MAN 1 Jombang, beberapa siswa dan guru sibuk dengan beberapa bahan kimia dan gelas pipet. Mereka mencampurkan sejumlah bahan kimia tersebut. Setelah sebelumnya, siswa jurusan IPA itu terlebih dulu menerima materi pelajaran kimia.

Untuk membuat hand sanitizer ini siswa menggunakan bahan etanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida 3 persen dan air steril. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan takaran yang sudah ditentukan ke dalam gelas ukur 1.000 mililiter.

Bahan-bahan yang sudah tercampur itu kemudian diaduk hingga homogen atau tercampur seluruhnya. Setelah bahan yang tercampur berwarna putih, maka dipindah ke botol kaca dan didiamkan selama 72 jam. Baru kemudian hand sanitizer bisa digunakan.

Menurut Rohmat Lukman Hakim, salah seorang siswa MAN 1 Jombang, hand sanitizer yang ia buat bersama teman-temannya diklaim berbeda dengan cairan antiseptik lain. Sebab, dicampur dengan cairan beraroma buah-buahan dan bahan ekstrak lidah buaya (Aloe Vera) yang menambah aroma wangi.

”Yang membedakan dengan hand sanitizer lainnya ini lebih hemat dan murah karena kita membuat sendiri. Ini juga lebih wangi karena kita campur bahan aroma dan Aloe Vera,” ujarnya. Setelah sukses bisa membuat hand sanitizer sendiri, ia dan teman-temannya merasa senang. Pembuatan ditambah agar bisa membantu mendukung perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. 

Terlebih, bisa membentengi teman-temannya di sekolah dari persebaran virus Covid-19. Hand sanitizer buatan siswa-siswi MAN 1 Jombang ini dikemas dalam botol plastik berukuran 250 mililiter.  

Erma Rahmawati, Kepala MaN 1 Jombang mengklaim pembuatan hand sanitizer siswanya sesuai dengan petunjuk dari organisasi kesehatan dunia WHO. Sehingga dinilai aman untuk digunakan semua warga sekolah. ”Insya Allah seperti itu. Petunjuk pembuatannya tadi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ungkapnya.

Hand sanitizer tersebut akan ditempatkan di masing-masing kelas. Sedikitnya, ada 42 dua kelas yang disiapkan untuk cuci tangan siswa. ”Penggunaan sabun cair ini kita siapkan untuk menghambat bakteri agar tidak masuk ke tangan-tangan siswa,” pungkas bendahara Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah Negeri Jombang ini. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia