alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Proyek Paving Taman Tirta Wisata Keplaksari Tak Libatkan OPD Terkait

11 Maret 2020, 12: 02: 40 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Proyek pavingisasi di Taman Tirta Wisata Keplaksari

Proyek pavingisasi di Taman Tirta Wisata Keplaksari (Ainul Hafidz/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Proyek pavingisasi di Taman Tirta Wisata Keplaksari ternyata tidak melibatkan Dinas Perkim (Perumahan dan Permukiman) Jombang. Proses pekerjaan murni dilakukan OPD terkait, dalam hal ini Disporapar Jombang.

Heru Widjajanto Kepala Dinas Perkim Jombang menegaskan, sejauh ini tidak mengeluarkan rekomendasi apapun terkait pekerjaan pavingisasi di Taman Tirta Wisata Jombang. Seluruhnya ditangani Disporapar sendiri. “Jadi tidak ada rekomendasi karena semua dilaksanakan dinas terkait,” katanya kemarin (10/3).

Selain itu, tak ada permintaan apapun yang datang kepada dinasnya. Kendati pekerjaan menyangkut proyek fisik, semua dilaksanakan OPD terkait. “Artinya semua kewenangan OPD, walaupun bentuk bangunan, OPD ini jalan sendiri,” imbuh dia.

Meski begitu, ia mengakui beberapa OPD yang tidak mempunyai tenaga khusus pekerjaan fisik, biasanya akan berkoordinasi dengan Dinas Perkim. “Kadang begini, mereka yang tidak memiliki tenaga teknis minta bantuan kami. Tetapi kami sendiri juga terbatas, sehingga terkadang menolak, karena untuk menangani kegiatan sendiri, sudah kewalahan,” terang Heru. 

Sehingga seluruh OPD berjalan sendiri-sendiri. “Artinya tidak melibatkan kami sebagai tim teknis. Memang dulu iya, tetapi sekarang sudah tidak,” beber dia. Sehingga dia memastikan proyek pavingisasi Taman Tirta Wisata Jombang itu murni pekerjaan milik Disporapar. “Jadi kewenangannya tetap di OPD terkait,” ungkap Heru.

Tidak hanya pavingisasi Taman Tirta Wiata, lanjut dia, jenis pekerjaan fisik lainnya juga demikian. Baik proyek musala dan pavingisasi di kios areal terminal makam Gus Dur. “Semua dilaksanakan OPD terkait, tidak ada permintaan atau pun rekomendasi dari kami,” pungkas Heru.

Seperti diketahui, usai menuai sorotan publik, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jombang akhirnya merespons terkait proyek pavingisasi Taman Tirta Wisata Keplaksari. Proyek senilai Rp 39 juta itu masuk dalam kegiatan pemeliharaan.

Sebelumnya, Kepala Disporapar Jombang Hadi Siswadji menjelaskan, kegiatan itu menindaklanjuti sejumlah pengaduan pengunjung taman yang mengeluhkan akses jalan masuk di pintu gerbang taman. "Itu permukaannya licin, bahkan sudah ada dua orang jatuh, makanya kita pasang paving," bebernya.

Adapun anggarannya digunakan untuk pemasangan paving dengan luasan mencapai 240 meter persegi. "Kita juga sebelumnya minta masukan dari pemkab, ya sudah dibangun. Pelaksanaanya mulai pertengahan Februari lalu,” pungkas Hadi. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia