Kamis, 27 Feb 2020
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Masih Revisi, DED Proyek Sentra IKM Abu Aluminium Belum Rampung

14 Februari 2020, 09: 58: 06 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Sentra IKM abu aluminium yang akan dibangun Pemkab Jombang dengan anggaran senilai Rp 23,5 miliar di Desa Bakalan, Kecamatan Sumobito.

Sentra IKM abu aluminium yang akan dibangun Pemkab Jombang dengan anggaran senilai Rp 23,5 miliar di Desa Bakalan, Kecamatan Sumobito. (Ainul Hafidz/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Rencana pemkab membangun sentra IKM abu aluminium senilai Rp 23,5 miliar di Desa Bakalan, Kecamatan Sumobito terus berlanjut. Hanya saja, saat ini masih ada perubahan DED (Detail Engineering Design).

”Ya untuk pembangunan fisik tetap tahun ini,” tegas Budi Nugroho Kepala Bappeda Jombang melalui Ninik Puji Rahayu, Kabid Perekomian Bappeda Jombang kemarin.

Sebenarnya, untuk pembangunan  sentra IKM aluminium direncanakan dua tempat, yakni di Kecamatan Sumobito dan Kesamben. ”Karena melalui DAK dan tahap awal jumlahnya besar, sehingga tidak bisa langsung dua-duanya tercover. Untuk yang tahun ini di Kecamatan Sumobito saja,” bebernya.

Adapun perubahan DED dilakukan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan Kementerian Perindustrian. ”Kan itu ada standartnya dari mereka (KLHK dan Kementrian Perindustrian) pengelolaan limbah maupun cerobongnya. Karena ini limbah B3 (Bahan Beracun Berbahaya),” terangnya.

Dikatakannya, saat ini lokasi yang akan dijadikan sentra IKM aluminium sudah dilakukan clean-up (pengangakatan) limbah. ”Untuk pembersihan sendiri juga ada anggaran sendiri tapi saya tidak ingat anggarannya berapa. Itu juga dari KLHK untuk pengangkatan limbah,” tegasnya.

Setelah ada sentra IKM, nantinya pengusaha akan dijadikan satu. Sehingga, apabila ada pengusaha aliminium membuka usaha sendiri, maka pengelolaannya harus sama dengan sentra. ”Itu harus sama dan sesuai dengan arahan KLHK mulai pengelolaan, cerobongnnya dan lain sebagainya. Kemungkinan kalau buka sendiri tidak mampu,” pungkasnya. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia