Selasa, 19 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Melihat Kreativitas Cudhamani Membuat Gelang Berbahan Biji Kopi

29 Agustus 2019, 14: 47: 38 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Cudhamani Carakan Gana, 25, saat membuat gelang kopi dengan memakai biji kopi.

Cudhamani Carakan Gana, 25, saat membuat gelang kopi dengan memakai biji kopi. (Anggi Fridianto)

Share this      

JOMBANG, Radar Jombang - Biji kopi tak hanya dijadikan seduhan kopi saja. Di tangan Cudhamani Carakan Gana, 25, pemuda asal Dusun Caruban, Desa Alang-Alang Caruban, Kecamatan Jogoroto, biji kopi dipakai bahan dasar pembuatan gelang. Hasilnya juga lumayan unik. Selain itu, gelang kopi ini mengeluarkan aroma khas kopi sepanjang waktu.

Biji kopi yang menjadi bahan baku berasal dari Dampit, Kabupaten Malang yang sudah tersohor dengan aromanya yang harum. “Saya membuat gelang berbahan dasar kopi tercetus saat saya membeli gelang di Jogjakarta,” ungkap Gana. Dari gelang itu, dia kemudian mengkombinasikan dengan biji kopi pilihan.

“Saya suka kopi Dampit karena rasanya khas, aromanya kuat,” lanjutnya. Untuk membuat gelang kopi mulanya Gana membeli biji kopi dampit yang sudah kupasan alias green bean. Kemudian, dari biji biji itu dipilih yang kualitasnya bagus dan ukurannya sedang. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Kemudian dipanggang di atas gorengan menggunakan api yang tidak terlalu besar selama setengah jam.

“Waktu menggoreng, saya tidak lama lama. Cukup 30 menit saja karena jika terlalu lama warnanya akan terlalu dark (hitam). Makanya tidak boleh lama agar menghasilkan warna yang bagus,” tambah dia. Setelah dipanggang, kopi itu kemudian didiamkan hingga dingin. “Setelah itu dipilih lagi yang bagus bagus. Kemudian kita rangkai menjadi gelang,” jelas dia.

Dia menambahkan, meski baru memulai usaha gelang kopi, namun peminatnya cukup banyak. Gelang kopinya tidak hanya dipesan warga lokal, namun dari beberapa daerah kabupaten/kota lain juga berminat. “Kebetulan saya post di Instagram. Kemudian banyak yang pesan lewat situ, ada yang dari Surabaya, Gresik dan kota kota lain,” beber dia.

Untuk satu ukuran gelang kopi dijual Rp 35 ribu. Pria asli Tunggorono, Jombang ini menjamin meskipun terbuat dari biji kopi namun cukup aman dan awet dipakai. “Selama ini tidak masalah. Justru selama saya memakai aroma kopi tercium selama saya beraktivitas,” papar dia.  

Dari aroma kopi yang keluar dari gelang tersebut dianggap bisa menambah semangat. Karena aromanya yang harum. “Selain itu aroma kopi juga dapat memberikan efek relaksasi dan juga mampu mengurani stress,” pungkasnya. (ang)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia