Minggu, 19 May 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Belum Surut, Permukiman Warga di Sumbermulyo Jogoroto Masih Tergenang

11 April 2019, 11: 05: 54 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Air yang masih menggenangi permukiman warga di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto.

Air yang masih menggenangi permukiman warga di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto. (Azmy Endiyana/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG - Banjir juga mengenang ratusan rumah di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto kemarin. Bahkan ketinggian air mencapai setengah meter. Hingga siang kemarin (10/4), ketinggian air tak kunjung surut.

”Memang setiap tahun di sini (Desa Sumbermulyo, Red) selalu banjir,” ujar Yanto salah satu warga. Diakuinya, debit air mulai meningkat dan masuk ke rumah warga sekitar pukul 23.00. ”Kemarin malam hujannya sangat deras sampai subuh,” imbuhnya.

Saluran air di desanya tidak bisa mengalir dengan naik. Bahkan, ada beberapa penyempitan saluran air sehingga begitu ada peningkatan volumen, sudah tidak terbendung lagi. Sehingga ratusan rumah terendam banjir. 

Genangan air juga melanda RA-MI Syafi'iyah di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto.

Genangan air juga melanda RA-MI Syafi'iyah di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto. (Wenny Rosalina/Jawa Pos Radar Jombang)

Hal senada disampaikan Zaenal Abidin, warga lain yang menyebut beberapa saluran air mati dan tidak berfungsi dengan baik. Sayangnya, dia tidak mengetahui pasti penyebab matinya saluran air tersebut. ”Kalau itu saya kurang tahu, kemungkinan pembangunan rel ganda itu juga yang mengakibatkan saluran air tidak maksimal,” tuturnya.

Untuk itu dia berharap memang ada solusi untuk penanganan banjir. Dirinya berkeinginan pemerintah cepat tanggap menyelesaikan persoalan banjir. Karena tidak hanya masuk ke dalam rumah, banjir juga masuk ke area persawahan. ”Jadi kalau tidak segera ditangani yang dirugikan masyarakat,” pungkasnya. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia