Senin, 18 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Tak Mampu Menahan Volume Air, Tanggul Sungai Jombang Barat Jebol

11 April 2019, 10: 38: 49 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Tanggul sungai Jombang Barat di Dusun Juwet, Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, jebol.

Tanggul sungai Jombang Barat di Dusun Juwet, Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, jebol. (Achmad RW/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Tanggul Sungai Jombang Barat di Dusun Juwet, Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang jebol, kemarin siang (10/4). Jebolnya tanggul hingga mencapai 10 meter itu karena kondisi tanggul yang sudah kritis. 

’’Untuk penyebab dilihat dari debit juga sangat tinggi. Biasanya kalau tidak terlalu besar masih bisa dikontrol. Taludnya juga belum ada pasangan batu, masih dari tanah,’’ kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang, Hari Oetomo melalui Imam Bustomi Kabid SDA. 

Karena tak kuat menahan debit air membuat tanggul dari tanah itu pun jebol. Air kemudian mengalir ke area persawahan. ’’Memang benar tanggulnya agak kritis, karena belum ada penguat. Jebol sekitar 10 meter,’’ sambungnya. Untuk saat ini penanganan masih belum dilakukan karena menunggu aliran sungai turun terlebih dahulu. 

’’Penanganan sementara karena darurat kita yang lakukan. Sudah disiapkan karung sak, untuk pemasangan nunggu surut dahulu. Kalau pun dipaksa langsung dipasang bahaya, soalnya arus masih deras,’’ ungkap Bustomi. Sedikitnya, butuh sekitar 1.000 karung untuk menutup tanggung yang kritis tersebut. ’’Untuk bahan sudah ada dan siap,’’ sebut dia.

Sungai Jombat Barat sendiri merupakan kewenangan pusat. Kendati begitu, untuk penanganan sementara tetap dilakukan kabupaten. ’’Secara sistem daerah irigasi Siman itu menjadi kewenangan pusat. Tapi sementara penanganan darurat dari kita,’’ pungkasnya. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia