Senin, 26 Aug 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Lahan untuk Proyek Embung Karangan Hingga Saat Ini Masih Diukur

11 April 2019, 09: 51: 15 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Mojoagung beberapa hari lalu.

Banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Mojoagung beberapa hari lalu. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Rencana Pemkab Jombang membangun embung di Desa Karangan, Kecamatan Bareng sudah ada sejak tahun lalu. Kades Karangan Jumirah menuturkan, tahun lalu sudah ada pertemuan antara pemkab dengan pemilik lahan yang terdampak.

Hanya saja sampai sekarang dia tak sebegitu mengetahui, sejauhmana proses rencana pembangunan itu. ’’Jadi awal tahun lalu dari kecamatan dan dinas tekait sudah ada pertemuan dengan warga. Desa kurang tahu bagaimana, hanya memfasilitasi saja,’’ kara Jumirah.

Untuk pembebasan lahan Jumirah juga masih belum mengetahui persis. ’’Sampai sekarang belum ada apa-apa. Hanya tahun kemarin itu saja pertemuan di kantor kecamatan,’’ imbuh dia.

Sebab untuk pembangunan itu akan melibatkan Pemkab Kediri. Mengingat lokasinya ada di dua kabupaten. Masing-masing di Dusun Karangankulon, Desa Karangan, Kecamatan Bareng dengan Desa Jlumbang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. 

Jumirah sendiri tak sebegitu mengetahui berapa meter kebutuhan pembangunan embung itu. ’’Kurang tahu berapa luasnya ya. Soalnya lahannya itu ada yang dari Jombang dan Kediri,’’ sambung Jumirah. 

Untuk Dusun Karangankulon misalnya, kata Jumirah seluruh lahan yang terdampak tak ada permukiman. ’’Semuanya itu lahan pertanian, tidak ada yang rumah,’’ beber dia. Meski belum mengetahui kapan pembebasan lahan dilakukan, informasi yang dia terima pembangunan dilakukan tahun ini. ’’Jadi tahun kemarin itu survei, kemudian ada yang menyampaikan pembangunan tahun depan. Kalau begitu kan ya tahun ini,’’ papar Jumirah. 

Dijelaskan, selain rencana pembangunan embung, sebenarnya di Desa Karangan sebelumnya sudah ada embung. Yakni berada di Dusun Karanganetan. ’’Jadi selain di situ, di Karangan memang sudah ada embung tadah hujan program dari pusat di Karanganetan,’’ pungkas Jumirah. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia