Senin, 18 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Kondisi Tanggul Semakin Kritis, Proyek Kali Gunting Segera Dilanjutkan

10 April 2019, 13: 06: 16 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Tanggul di Kali Gunting yang kondisinya semakin mengkhawatirkan.

Tanggul di Kali Gunting yang kondisinya semakin mengkhawatirkan. (M.Nasikhuddin/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Sampai April 2019, rencana perbaikan sejumlah tanggul kritis di  bantaran Kali Gunting Mojoagung belum juga dimulai. BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Surabaya berdalih menunggu proses tender.

”Kegiatan ada  tahun ini, melanjutkan kegiatan kemarin, tapi sekarang masih proses tender,” beber Saikun, Pengawas Utama Kali Gunting. Tahun ini lanjut Saikun, pihaknya memiliki anggaran cukup terbatas. ”Sekitar Rp 10 miliar, itu pun yang Rp 500 juta untuk pengawasan,” bebernya.

Adapun sesuai perencanaan, program penanggulangan banjir Kali Gunting tahun ini, tidak terlalu banyak. ” Anggaran tahun ini untuk pembangunan parapet sepanjang 1 kilometer, revetments sepanjang 200 meter dan bronjong 200 meter,” bebernya.

Mengingat anggaran cukup terbatas, pekerjaan difokuskan sejumlah titik. ”Kita punya prioritas, salah satunya di bawah Dam Jetis, Dam Gayam serta lokasi di belakang Polsek Mojoagung,” imbuhnya.

Informasi yang dia terima, selain timnya, nanti masih ada lagi pekerjaan lain. ”Informasinya nanti ada dua mas, yang sesi ini dari teman-teman OP, selanjutnya nanti juga ada kegiatan dari teman-teman pantai, nanti kita bagi,” bebernya.

Mengingat sekarang sudah memasuki April, dirinya berharap pekerjaan bisa secepatnya dilaksanakan. ”Mudah-mudahan, sekitar Juni, target kita sudah tanda tangan kontrak. Kalau terlalu lama takut kehabisan waktu, keburu musim hujan lagi,” singkatnya.

Pantauan di lokasi, kondisi tanggul di sekitar Dam Jetis sangat parah. Selain mengancam sejumlah rumah warga, juga mengancam area tempat pemakaman umum Desa Betek, Kecamatan Mojoagung. (*)

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia