Selasa, 19 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Honor Petugas TPS di Jombang Rp 18,7 Miliar, Uang Makan Rp 773 Juta

08 April 2019, 14: 49: 25 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Petugas PPK dan PPS mem-packing logistik di GOR Merdeka Jombang sebelum didistribusikan 10 April mendatang.

Petugas PPK dan PPS mem-packing logistik di GOR Merdeka Jombang sebelum didistribusikan 10 April mendatang. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Alokasi anggaran untuk Pilpres dan Pileg 2019 ini benar-benar menyedot anggaran yang sangat besar. Selain telah mengalokasikan Rp 6,8 miliar untuk pendirian 4.299 tempat pemungutan suara (TPS), KPU juga mempersiapkan anggaran untuk honor petugas TPS.

Yakni honor bagi tujuh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan dua linmas. KPU menyiapkan Rp 18,7 miliar. Serta anggaran konsumsi bagi petugas TPS sebanyak Rp 773 Juta

Ini disampaikan Ketua KPU Jombang Muhaimin Shofi. Dia mengatakan, KPU sudah menyiapkan semua kebutuhan coblosan mulai dari pendirian TPS, honor petugas dan logistik TPS. ”Untuk yang berkaitan dengan logistik kesiapan kita sudah 90 persen, sekarang proses packing logistik,’’ ujar Muhaimin, kemarin. 

Ditambahkan, untuk honor petugas TPS masing-masing sebanyak 30.093 petugas KPPS dan 8.598 petugas Linmas dialokasikan Rp 18,7 miliar. Rinciannya, dalam satu TPS ada sembilan petugas terdiri dari tujuh anggota KPPS dan dua orang linmas.

Untuk ketua KPPS mendapat honor Rp 550 ribu, anggota Rp 500 ribu dan petugas linmas TPS Rp 400 ribu. Honor petugas linmas kali ini sama dengan honor pada Pilkada 2018 lalu. ”Jadi Insyaallah mulai Senin atau Selasa kita transfer,’’ beber pria asli Gresik ini. 

Untuk anggaran konsumsi, pihaknya juga menyediakan Rp 773 juta. Setiap petugas TPS akan diberikan Rp 20 ribu untuk satu kali agenda mulai dari pemungutan suara hingga penghitungan suara. ”Kalau untuk konsumsi, sekitar Rp 20 ribu/orang,’’ tandasnya. 

Muhaimin menambahkan, untuk kesiapan logistik hingga kini terus dikebut. KPU bersama PPK terus mendjawalkan proses packing per kecamatan setiap hari. ”Sekarang terus berjalan, target kita H-10 harus sudah mulai terdistribusi,’’ pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia