Senin, 26 Aug 2019
radarjombang
icon featured
Tokoh

Rooslan Effendhie Pencipta Mars Jombang Beriman Dikenal Bersuara Empuk

08 April 2019, 09: 43: 08 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Arifah Roosenani, 79 anak ketiga Rooslan Effendhie menunjukkan karya ayahnya lagu mars Jombang Beriman dalam secarik kertas.

Arifah Roosenani, 79 anak ketiga Rooslan Effendhie menunjukkan karya ayahnya lagu mars Jombang Beriman dalam secarik kertas. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Sosok pencipta syair Mars Jombang beriman Rooslan Effendhie dikenal memiliki suara yang empuk didengar. Dia dikenal sebagai seorang master of ceremonies (MC) yang handal. Bahkan, dalam grup keroncong Aneka Irama, Rooslan berperan sebagai vokalis.

Rooslan sendiri asli Jombang, lahir 15 Desember 1929 dan wafat 28 September 2007. Dia adalah anak keempat dari H Mohamad Siradj yang tinggal di JL WR Supratman, Tugu Kepatihan Jombang. Semasa kecil, Rooslan mengenyam pendidikan di SD sekitar Jombang kota dan melanjutkan ke SMP Taman Siswa Mojoagung. Setelah lulus dari SMP, dia menjadi honorer di Dinas Penerangan. Kemudian diangkat sebagai PNS di Bagian Kesra. Dalam perjalanan karirnya, ia sempat diangkat menjadi kepala tata usaha Dinas Kesehatan Jombang. 

Selain mengabdi sebagai pegawai negeri, Rooslan juga aktif di dunia tarik suara. Bersama grup keroncong Aneka Irama itulah nama Rooslan terus dikenal masyarakat luas. Dia dikenal memiliki suara yang enak di dengar. Dengan kepawaiannya itu, diapun berhasil menciptakan syair Mars Jombang Beriman yang mudah memasyarakat. ”Dulu bapak menciptakan bersama pak Subardi yang ada di grup kroncong Aneka Irama itu,’’ ujar Arifah Roosenani, 79 anak ketiga Rooslan Effendhie ditemui di Perumahan Sambong Permai, Desa Sambong, Kecamatan/Kabupaten Jombang, kemarin.

Dia menceritakan, semasa hidup sang ayah dikenal sebagai sosok yang ringan tangan. Misalnya saat tetangga mengadakan hajatan, dia sering membantu menjadi MC ataupun penyanyi di acara tersebut. ”Dibayar maupun tidak dibayar bapak tetap berangkat. Karena memang dia orangnya humoris, jadi dimana-mana selalu akrab dengan seseorang,’’ beber dia. 

Di era 80-90an, Rooslan juga sering menjadi MC acara acara formal Pemkab Jombang, baik diminta saat ada tamu penting maupun acara kedinasan yang lain. ”Sebelum Mbak Daru, bapak itu juga sering menjadi MC, apalagi bapak seorang penyanyi,’’ jelasnya.

Dimata keluarga, Rooslan tetap dikenal sebagai ayah yang penyayang. Dia tidak pernah pilih kasih terhadap keempat anaknya. ”Bapak kalau sama anak-anak suka bercanda, dirumah juga sering nyanyi. Selain itu waktu bapak sebagian besar dihabiskan untuk bermain keroncong,’’ pungkas Arifah. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia