Senin, 26 Aug 2019
radarjombang
icon featured
Tokoh

Subardi Putrokusumo-Rooslan Effendhie, Pencipta Mars Jombang Beriman

08 April 2019, 09: 33: 13 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Foto semasa muda Subardi Putrokusumo (kiri) dan H Rooslan Effendhie (kanan).

Foto semasa muda Subardi Putrokusumo (kiri) dan H Rooslan Effendhie (kanan). (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Meski namanya tak begitu dikenal, namun karya dua sahabat karib ini akan dikenang sepanjang masa. Mereka adalah Subardi Putrokusumo & H Rooslan Effendhie, pencipta lagu dan syair mars Jombang Beriman.

Subardi Putrokusumo adalah pensiunan Kejaksaan Negeri Jombang, lahir di Kraksaan Probolinggo 25 Desember 1922. Ia wafat di Jombang 7 Maret 2005 saat usianya genap 83 tahun. Semasa hidup, Subardi dikenal seorang seniman musik. Memiliki grup keroncong Aneka Irama yang didirikan Rooslan Effendhie. Grup ini cukup terkenal kala itu lantaran sering manggung dalam setiap acara. 

Sekitar 1987-an di era pemerintahan Bupati Noeroel Koesmen, ada seorang anggota KNPI Jombang yang datang kepadanya, untuk meminta diciptakan lagu Jombang Beriman yang berirama mars. Setelah beberapa minggu digarap, akhirnya lagu itu berhasil dibuat. Notasi lagu diciptakan Subardi Putrokusumo, sedangkan syairnya dibuat sahabat karibnya, yang tak lain Rooslan Effendhie mantan Kepala Tata Usaha Dinkes Jombang. 

Notasi lagu mars Jombang Beriman ini dibuat sesederhana mungkin agar mudah dihafal oleh khalayak umum, termasuk masyarakat dan seluruh unsur warga Jombang. Sedangkan liriknya diciptakan dengan mengadopsi situasi khas Jombang Beriman sendiri. ”Di Jombang ini banyak tempat ibadah umat Islam dan perlu ditanamkan rasa iman (percaya) kepada Allah STW. Disamping itu, Beriman sendiri singkatan Bersih, Indah dan Nyaman,’’ ungkap Sri Suyeti, 60 anak ketiga Subardi Putrokusumo yang ditemui dirumahnya Jalan WR Supratman Kepatihan Jombang. 

Setelah lagu itu lahir, dalam beberapa kesempatan berikutnya, langsung digelorakan. Misalnya, dalam siaran langsung melalui Radio Khusus Pemerintah Daerah (RKPD), sekarang Suara Jombang FM, yang dinyanyikan bersama grup Aneka Irama. Pada setiap grup keroncong tampil, serta momen tertentu seperti HUT Kejaksaan 2 Juli 1991, juga ditampilkan di hadapan Bupati Tamrin Hariyadi hingga peringatan hari besar nasional. 

”Kalau tidak salah pada HUT Depag Jombang 1989 lagu tersebut pernah diseminarkan di depan guru-guru se-Jombang,’’ tambahnya. Seiring berjalannya waktu, lagu tersebut terus digaungkan dalam beberapa kesempatan. Hingga pada 17 Agustus 1990, lagu tersebut dipatenkan dalam bentuk naskah lagu. Bahkan, lagu yang berisi delapan baris tersebut pernah mendapat penghargaan dari Bupati Soewoto Adiwibowo 1995 silam. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia