Senin, 23 Sep 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Atasi Banjir Dalam Kota, Dewan Minta Pemkab Segera Normalisasi Saluran

08 April 2019, 08: 54: 25 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Permukiman Desa Kepatihan yang tergenang air usai hujan deras mengguyur beberapa hari lalu.

Permukiman Desa Kepatihan yang tergenang air usai hujan deras mengguyur beberapa hari lalu. (Achmad RW/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Genangan yang terjadi di sejumlah wilayah khususnya dalam kota setelah hujan deras kemarin, mendapat perhatian dari wakil rakyat. Mereka meminta dilakukan normalisasi terhadap beberapa saluran air yang menjadi penyebab banjir di dalam kota.  

”Kami juga sering mendapat keluhan terkait genangan di jalan kota apabila hujan deras terjadi di Jombang,” ujar Miftahul Huda, Ketua Komisi C DPRD Jombang, kemarin. Dia menyebut, dinas terkait harus lebih tanggap untuk melakukan normalisasi pada saluran-saluran air yang diduga kuat menjadi menyebab banjir.

”Kalau tidak segera diperbaiki pasti akan terus banjir, dan itu bisa merusak infrastrukutur lain,” imbuhnya. Terlebih lagi, genangan air di sejumlah wilayah Jombang kota tentu cukup merugikan masyarakat. Untuk itu harus segera dilakukan perbaikan.

”Paling tidak dinas yang menangani hal ini harus mengetahui saluran mana saja yang mengakibatkan genangan air tersumbat,” bebernya. Dinas juga bisa bekerjasama dengan pihak kecamatan maupun desa terkait titik saluran mana yang dinormalisasi. Pihaknya sangat yakin pihak desa dan kecamatan yang paling tahu persoalan tersebut. 

”Pemkab memang harus segera memperbaiki saluran air secepatnya,” tambah Huda. Ia juga mengingatkan kepada  semua masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena sedikit banyak sampah yang dibuang juga berpengaruh pada saluran air karena menjadi tersumbat. 

”Kami berharap ada kesadaran masyarakat juga, semua saling menjaga, sehingga saluran air tidak mudah tersumbat yang bisa mengakibatkan banjir lagi,” pungkasnya. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia