Minggu, 19 May 2019
radarjombang
icon featured
Olahraga

Sambut Liga 3 Musim 2019, Kerangka Tim PSID Jombang Mulai Dibentuk

07 April 2019, 18: 35: 41 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Suasana latihan tim PSID Jombang dalam kompetisi Liga 3 musim lalu.

Suasana latihan tim PSID Jombang dalam kompetisi Liga 3 musim lalu. (Dok/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG – Turunnya surat dari PSSI tentang format kompetisi Liga 3 2019, direspons manajemen PSID Jombang dengan membentuk kerangka tim. Jika tidak meleset dari rencana, seleksi pemain akan digelar Senin (8/4) depan di Stadion Merdeka.

“Minggu kedua ini kita akan menggelar seleksi di Stadion Merdeka, untuk memilih pemain yang akan masuk dalam tim liga tiga tahun ini,” kata Arif Mahfudz, manager PSID Jombang kemarin. Sejumlah syarat harus dipenuhi peserta seleksi, diantaranya lahir maksimal 1997. Seleksi ini akan berlangsung selama lima hari.

“Yang tahun lalu sudah bergabung dalam tim, juga boleh ikut seleksi. Tapi tidak serta merta bisa lolos otomatis, tentu harus mengikuti tahapan seleksi secara lengkap,” tambahnya. Sejumlah menu seleksi yang disiapkan diantaranya pertandingan 5 vs 5 dan 11 vs 11 dalam waktu 15 menit, serta uji kemampuan bertahan dan materi menyerang.

Arif mengatakan, cara ini dilakukan untuk melihat kemampuan masing-masing individu. “Jadi akan kita seleksi semua, nanti melihat siapa saja yang bagus akan kita kirim surat atau dihubungi via telepon jika diterima,” tambah Arif. Pihaknya memastikan, tim pelatih untuk kompetisi Liga 3 2019 sama seperti musim sebelumnya. “Melihat capaian musim lalu, musim ini kita mempercayakan kepada coach Heru,” pungkasnya.

Untuk diketahui, PSSI mengeluarkan edaran kepada kontestan Liga 3 melalui surat bernomor 1157/AGB/552/IV-2019 tertanggal 1 April 2019. Ditandatangani Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, edaran itu merupakan hasil dari keputusan komite eksekutif PSSI nomor K-E03/PSSI/03/2019.

PSSI memastikan kompetisi Liga 3 2019 dimulai Juli, dan setiap klub hanya boleh mendaftarkan pemain berusia di bawah 22 tahun. Format Liga 3 terbagi atas putaran provinsi, putaran regional dan putaran nasional atau 32 besar. Putaran 32 besar terdiri dari 26 klub hasil kompetisi putaran provinsi dan putaran regional, serta enam klub hasil kompetisi pra putaran nasional.

Sedangkan pra putaran nasional diisi 16 klub, yang terdiri dari enam klub degradasi Liga 2 2018 dan sepuluh klub Liga 3 putaran nasional 2018. Tak ada jatah pemain senior seperti musim lalu. Setiap klub maksimal boleh mendaftarkan 30 pemain dan sepuluh ofisial. Pendaftaran pemain dilakukan melalui Sistem Informasi dan Administrasi PSSI (SIAP).

Pada putaran provinsi, klub boleh menggunakan pelatih berlisensi D PSSI, sementara putaran nasional minimal C PSSI. Putaran provinsi dan pra putaran nasional akan digelar Juli hingga Oktober. Lalu putaran regional digelar November dan putaran nasional digelar Desember. Enam klub terbaik berhak promosi ke Liga 2 musim 2020. (*)

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia