Kamis, 27 Jun 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Jalan Nasional di Jombang Rusak Berat, Jumlah Korban Terus Berjatuhan

02 April 2019, 11: 38: 52 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kondisi jalan nasional yang banyak dipenuhi lubang.

Kondisi jalan nasional yang banyak dipenuhi lubang. (M.Nasikhuddin/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Meski di sebagian ruas jalan sudah dilakukan penambalan, nyatanya masih banyak titik lubang di jalan nasional belum tertangani. Bahkan keberadaannya terus mengancam pengguna jalan.

Pantauan Jawa Pos Radar Jombang Minggu (31/3) kemarin, keberadaan jalan berlubang masih banyak  ditemukan di ruas jalan Raya Gambiran, Kecamatan Mojoagung. Tak tanggung-tanggung, selain beberapa memiliki diameter yang cukup luas,  lubang juga cukup dalam, sehingga sangat membahayakan pengguna jalan. ”Sudah banyak korban yang jatuh di situ mas, bahaya sekali. Khususnya saat hujan, lubangnya tidak terlihat,” beber Qosim,37, salah satu warga sekitar.

Dijelaskannnya, mulai titik gerbang masuk ringroad Mojoagaung sampai dengan memasuki wilayah Peterongan, banyak sekali ditemukan lubang jalan menganga lebar dan dalam. ”Sebenarnya warga geram semua, protes, karena tidak segera diperbaiki jalannya, lebih-lebih sudah banyak korban jatuh terperosok lubang,” imbuhnya.

Data yang dihimpun, selain terkonsentrasi di ruas jalan Raya Gambiran Mojoagung, keberadaan lubang jalan juga banyak terkonsentrasi di Jalan Raya Janti. Saking seringnya memakan korban pengendara jatuh, warga  pun tak tinggal diam. ”Tanam pisang pernah, pasang tong sampah juga pernah, tetap saja tidak diperbaiki. karena lubangnya kian meluas dan dalam, kita tutup dengan karung tanah, itupun sekarang sudah mulai melongo lagi lubangnya,” sambung Ainul.

Bergerak ke barat, tepatnya di flyover Peterongan, banyak pula ditemukan kondisi aspal yang mengelupas, sampai-sampai terlihat plat besinya. Tak jauh berbeda di titik turun flyover Peterongan, kondisi permukaan jalan cor beton sudah banyak yang ambrol dan retak, sehingga membentuk kubangan-kubangan yang cukup dalam.

Hal memprihatinkan lainnya, kondisi ruas jalan di jalan Raya Keplaksari, Kecamatan Peterongan. Jika sebelumnya masih sebatas timbul retakan-retakan, kondisinya kini (31/3) kian parah, padahal usia jalan belum genap empat bulan dibangun. b

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia