alexametrics
Minggu, 28 Feb 2021
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Tiga SMA di Jombang Gangguan Server Saat UNBK Hari Pertama

02 April 2019, 10: 08: 42 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Siswa SMA  Darul Ulum 1 serius mengerjakan UNBK sesi II kemarin siang.

Siswa SMA Darul Ulum 1 serius mengerjakan UNBK sesi II kemarin siang. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

 JOMBANG – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) hari pertama jenjang SMA negeri/swasta di Kabupaten Jombang diwarnai gangguan server di tiga sekolah, pagi kemarin (1/4). Akibatnya ujian sempat molor karena siswa kesulitan login. Meski begitu, secara umum unas berjalan cukup lancar.

Tiga sekolah itu masing masing SMAN 1 Jombang, SMA PGRI 2 Jombang dan SMA DU 1 Peterongan. Pantauan di SMA DU Peterongan, tampak ratusan siswi mengerjakan dengan antusias. Masing masing siswi hanya fokus dengan monitor komputer. Suasana terlihat kondusif meski di sesi pertama siswa kesulitan login karena ada gangguan server. 

”Alhamdulilah berjalan lancar,” ujar Mochamad Yusuf Kepala SMA DU 1. Dia tak menampik pada sesi pertama sempat ada kendala. Yakni siswa kesulitan login karena mengalami gangguan server. ”Tadi awal sempat mundur hampir 30 menit karena ada kendala di server. Tapi setelah kita komunikasi dengan proktor pusat akhirnya bisa berjalan lancar,” tambahnya. 

Dijelaskan, dari total enam ruangan laboratorium komputer yang digunakan UNBK, hanya satu ruangan yang mengalami kendala. Sedangkan ruang lain berjalan lancar. ”Hanya satu kelas saja,” jelas dia. Yusuf menerangkan, ada 406 siswa SMA DU 1 yang mengikuti UNBK. Dari jumlah itu diterangkan tidak ada yang absen. ”Alhamdulilah semua siswa mengikuti UNBK,” tandasnya. 

Ia menyebut rombongan Sekdakab Ahmad Jazuli dan beberapa kepala SKPD juga sempat meninjau kegiatan UNBK di sekolahnya. Mereka ingin memastikan pelaksanaan UNBK berjalan lancar. ”Tadi pak sekda juga kesini untuk memantau  UNBK,” pungkasnya.

Ditemui terpisah, KH Zaimmudin Wijaya As'ad, Ketua Yayasan Unipdu Jombang menerangkan ada 1.394 siswa dari tujuh unit pendidikan SMA di bawah naungan  Yayasan Unipdu yang mengikuti UNBK. ”Alhamdulilah semua siswa tidak ada yang sakit. Mereka hadir semua untuk mengikuti UNBK,” ujar dia.

Dari tujuh sekolah tersebut diketahui hanya satu ruang di SMA 1 DU yang sempat trobel server nya. “Kalau kendala lain semisal terjadi listrik padam sudah kami siapkan genset,” pungkas Gus Zuem, sapaan akrabnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
Artikel Lainya