Senin, 18 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Jombang Banget

Daerah Bernama ‘Jombang’ Cukup Banyak, dari Jember hingga Tangerang

02 April 2019, 08: 56: 12 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Gapura Dusun ‘Jombang’ yang berada di Kecamatan Jombang.

Gapura Dusun ‘Jombang’ yang berada di Kecamatan Jombang. (Azmy Endiyana/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Cukup banyak daerah di Indonesia yang memakai nama Jombang. Pertama Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Kedua Desa Jombang, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Sementara di Kabupaten Jombang, terdapat Dusun Jombang, Desa Jombang, Kecamatan Jombang. “Artinya nama Jombang itu ya aslinya yang di Kabupaten Jombang sini. Mulai dusun, desa, kecamatan dan kabupatennya Jombang,” ujar M. Faisol, salah satu pemerhati sejarah lokal Jombang.

Dusun Jombang sendiri terletak di sebelah baratnya Pasar Citra Niaga. Saat memasuki gang-gang di Dusun Jombang nampak sangat padat dengan penduduk. Di Dusun Jombang terdapat empat gang yang berukuran kurang lebih lima meter. ”Ya memang di sini Jombangnya Jombang karena dusun hingga kabupaten bernama Jombang,” ujar Sumari salah satu warga sekitar.

Hanya saja memang tidak ada yang mengetahui sejarah pasti tentang asal mula Dusun Jombang ini. ”Dulu memang banyak yang mempertanyakan asal mula Dusun Jombang ini, akan tetapi memang tidak ada yang tahu. Padahal dari kecil saya sudah tinggal di sini (Dusun Jombang),” ungkapnya

Memang untuk Dusun Jombang ini tergolong dusun yang cukup besar dan padat penduduk. Di dusun ini saja dibagi menjadi tiga rukun tetangga (RT). ”Di sini memang dibagi menjadi tiga RT,” tegasnya.

Sementara Lina salah satu warga asli Kabupaten Jombang yang sempat menempuh pendidikan di Jember mengatakan jika di Jember juga ada salah satu kecamatan dan desa bernama Jombang. Hanya saja,  dikenal dengan sebutan “Jombang-Kencong” karena  Kecamatan Jombang di  Kabupaten Jember ini hasil pemekaran Kecamatan Kencong. Dulu Desa Jombang itu masuk wilayah Kecamatan Kencong. Namun sejak 1995 Kecamatan Kencong dimekarkan jadi dua kecamatan. Kecamatan Kencong dan Kecamatan Jombang.

Kecamatan Jombang yang berada di Jember merupakan kecamatan yang paling barat dari wilayah Jember. Perbatasan dengan Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. “Setiap ada yang tanya alamat kalau tidak disebutkan Jombang-Surabaya pasti mengira saya warga Jombang-Kencong,” katanya.

Saking banyaknya nama Jombang, beberapa jasa ekpedisi pengiriman barang sempat bingung. Salah satunya diungkapkan, Laily, warga Jombang yang membeli barang melalui sistem online. Dia bercerita saat itu, dia menggunakan salah satu jasa ekspedisi yang cukup terkenal. Namun, barangnya tidak sampai-sampai karena salah pengiriman alamat. 

”Pada alamat saya sudah saya tulis dengan lengkap dan benar. Yakni Dusun Weru, Desa Mojongapit, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tapi barang hampir seminggu tidak sampai. Karena salah kirim. Yakni dikirim ke Jombang Jember,” ungkapnya. 

Namun karena kesalahan teknis jasa pengiriman, akhirnya petugas jasa pengiriman meminta maaf. ”Akhirnya mereka minta maaf karena salah pengiriman,” pungkas warga asli Mojongapit ini. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia