Kamis, 19 Sep 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Sistem Sudah Diinstal, Tower di Tugusumberejo Diduga Sudah Beroperasi

26 Maret 2019, 18: 51: 14 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Tower di Desa Tugusumberejo, Kecamatan Peterongan.

Tower di Desa Tugusumberejo, Kecamatan Peterongan. (Nasikhuddin/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Dugaan tower di Desa Tugusumberejo, Kecamatan Peterongan sudah beroperasi kian menguat. Itu setelah sejumlah petugas mendatangi lokasi tower yang terletak di sekitar area pemukiman warga tersebut.

”Ini mau cek hasil instalan, ternyata kok ada tulisan seperti itu,” terang Arifin, salah satu petugas di lokasi tower (25/3) kemarin. Dijelaskan Arifin, tujuannya ke sini untuk mengecek sistem intalasi tower, apakah sudah berfungsi dengan baik atau seperti apa. ”Ini kan sudah diinstal, nah kita ke sini untuk cek, hasilnya seperti apa, sukses atau tidak,” imbuhnya.

Ditanya terkait bunyi mesin di titik panel yang menderu, dirinya menyebut itu bagian dari sistem pengoperasian. ”Tapi belum tentu itu beroperasi, kadang itu kipas yang hidup, belum tentu memancar. Itu nanti tergantung dari link. Kalau yang antena balok itu untuk sinyal HP, sementara yang bentuknya lingkaran menghubungkan antar tower,” imbuhnya.

Disinggung ketakutan warga terkait bahaya radiasi yang ditimbulkan, dirinya menerangkan energinya sudah di-convert. ”Dari energi listrik itu di-convert ke DC, jadi tidak ada radiasinya, karena sudah diubah ke DC,” bebernya.

Pantauan di lokasi, sampai dengan pukul 15.00, nampak dua petugas yang akan mengecek sistem pengoperasian menara masih menunggu di lokasi. Ditanya seputar tulisan PT Centratama Menara Indonesia, disebutnya itu pemilik tower. ”Kalau Centratama itu pemilik tower,” singkatnya. (*)

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia