Selasa, 24 Sep 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Pemkab Jombang Didesak Lakukan Penutupan Pabrik yang Tak Berizin

25 Maret 2019, 08: 07: 19 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Pabrik yang menjadi rasan-rasan warga setempat karena diduga belum mengantongi izin.

Pabrik yang menjadi rasan-rasan warga setempat karena diduga belum mengantongi izin. (Azmy Endiyana/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Beroperasionalnya pabrik PT Ide Cemerlang Kreasi (ICK) yang belum mengantongi izin, mendapat perhatian serius dari kalangan dewan. Mereka mendesak untuk aparat penegak perda untuk bertindak tegas kepada pengusaha pabrik yang merugikan daerah. 

“Harusnya dilakukan penindakan tegas, misal ditutup sementara kalau memang belum mempunyai izin,” ujar Irwan Prakoso, anggota Komisi A DPRD Jombang. Ia menambahkan, kasus ini hampir sama dengan keberedaan tower ilegal di Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro yang juga tidak berizin. Maka harus dilakukan penutupan.

“Kalau tidak ada tindakan tegas, nanti bisa seenaknya mendirikan usaha, sementara urusan izin dikesampingkan,” katanya. Saat ditanya kebiasaan pihak pengusaha yang menjalankan operasional pabrik, tapi mengurus izin belakangan, apakah tetap diberikan izin. Sepengetahuannya,  pengurusan izin harus ada beberapa syarat yang dipenuhi UKL-UPL, IMB, Amdal dan lain sebagainya. Terus lagi, adanya zonasi.

“Kalau seperti ini terus bisa mendirikan pabrik maupun tower seenaknya,” imbuhnya. Ia menyarankan harus ada evaluasi dari aparat penegak perda dalam hal ini Satpol PP, maupun OPD yang mengurus perizinan, agar berani bertindak tegas terhadap siapapun yang melanggar.

“Jangan sampai hal ini terus terjadi, pasti akan menjadi preseden buruk bagi pemerintahan sendiri,” tambah Irwan. Sebab, masyarakat bisa beranggapan pengurusan izin dijadikan lahan pungli lantaran tidak ada tindakan tegas dari pemerintah sendiri. “Saat ini memang harus segera ada perubahan. Satpol PP lebih tegas dan DPMPTSP juga harus lebih terbuka,” pungkasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, aktifitas produksi Pabrik PT Ide Cemerlang Kreasi (ICK) yang bergerak di bidang pembuatan tas berbahan baku kertas di Desa Mojotengah, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, belakangan menjadi rasan-rasan warga. Sebab, pabrik yang sudah beroperasi lima bulan ini diduga belum mengantongi izin lengkap. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia