Kamis, 19 Sep 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Penindakan Terhadap Pabrik Tak Berizin, Satpol PP Sebatas Kirim Surat

24 Maret 2019, 16: 30: 15 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Yudha Asmara, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Jombang

Yudha Asmara, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Jombang (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Aktifitas produksi Pabrik PT Ide Cemerlang Kreasi (ICK) yang bergerak di bidang pembuatan tas berbahan baku kertas di Desa Mojotengah, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, baru mendapat perhatian dari kalangan Satpol PP. Meski belum mengantongi izin lengkap, pihak Satpol PP hanya sebatas memberikan peringatan saja.

Yudha Asmara, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Jombang mengatakan, memang pihaknya mendapat informasi dari DPMPTSP untuk pabrik kertas di Desa Mojotengah masih belum mengantongi izin. ”Kemarin izin hanya sebatas IPR (Izin Pemanfaatan Ruang) yang baru keluar,” katanya.

Lanjutnya lagi, setelah mendapat informasi dari DPMPTSP, pihaknya mengerahkan tim untuk mengirimkan surat ke PT ICK,  kepala desa, kecamatan dan OPD terkait perizinan yang masih belum lengkap tersebut. ”Jadi nanti akan dibahas kembali seperti apa langkahnya,” katanya.

Saat disinggung penindakan apa yang akan dilakukan mengetahui pabrik tersebut tidak mempunyai izin, Yudha menjelaskan, untuk penindakan melakukan penyegelan atau penutupan tidak dilakukan terlebih dahulu. ”Ya tidak serta merta nanti kita eskekusi,” jelasnya.

Masih Yudha, untuk melakukan hal tersebut harus melalui beberapa prosedur terlebih dahulu. Pihaknya akan mintai keterangan dan melakukan verifikasi data-data apapun terkait keberadaan pabrik. ”Jadi kami punya prosedur terlebih dahulu, kami akan kumpulkan data-data terlebih dahulu,” bebernya.

Sebelumnya, Dinas Penanaman Modal dan. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jombang menyebut PT Ide Cemerlang Kreasi hanya mengantongi izin pemanfaatan ruang (IPR). Untuk kebutuhan sarana prasarana lain belum dipenuhi.

”Memang untuk IPR sudah, tapi yang lain-lainnya masih belum,” ujar Syamto, Kepala DPMPTSP Kabupaten Jombang kemarin. Dijelaskan, untuk pendirian pabrik tidak hanya IPR saja yang dibutuhkan. Akan tetapi sarana prasarana penunjang seperti izin mendirikan bangunan (IMB) dan dokumen lingkungan juga harus dipenuhi.

”Kalau IMB dan dokumen lingkungan seperti UPL-UKL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) dan Amdal masih belum dipenuhi,” katanya. Seharusnya, PT Ide Cemerlang Kreasi tidak diperbolehkan melakukan aktifitas sebelum memenuhi persyaratan lengkap. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia