Rabu, 18 Sep 2019
radarjombang
icon featured
Hukum

Selidiki Tower Tak Berizin di Sidowarek, Polisi Terjunkan Dua Tim

13 Maret 2019, 12: 00: 34 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kasatreskrim Polres Jombang AKP Azi Pratas Guspitu

Kasatreskrim Polres Jombang AKP Azi Pratas Guspitu (M.Nasikhuddin/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Persoalan pendirian tower tak berizin di Dusun Genjongkidul, Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro  menjadi bola panas. Itu setelah polisi sudah bergerak melakukan penyelidikan.

”Sprin lidik (surat perintah penyelidikan) sudah saya teken, segera tim akan bergerak,” tegas Kasatreskrim Polres Jombang AKP Azi Pratas Guspitu (12/3) kemarin.

Lebih lanjut, mantan Panit II unit 1 Subdit 1 Ditreskrimum Polda Jatim menyebut sudah membentuk tim gabungan anggota unit Tipiter (tindak pidana tertentu) dan Tipikor (tindak pidana tipikor) mengusut kasus. ”Tim dari Tipiter menelusuri terkait perizinannya, selain itu kita juga terjunkan tim dari Tipikor untuk menelusuri dugaan adanya gratifikasi,” bebernya.

Segera setelah ini, tim akan mulai bergerak mengumpulkan data-data dan keterangan terkait persoalan berdirinya tower yang diduga belum mengantongi izin tersebut. ”Segera, secepatnya kita cek ke lokasi, selain itu tim jug akan berkoordinasi dengan dinas terkait,” bebernya.

Selain itu, sejumlah pihak terkait pendirian tower juga rencana akan dihadirkan ke ruang penyidik guna diambil keterangan. ”Semua  pihak-pihak terkait akan kita minta keterangan, termasuk dari unsur pemerintah desa, camat. Pokoknya, semua pihak-pihak terkait,” imbuhnya.

Jika nantinya dari hasil penyelidikan ditemukan bukti-bukti awal yang cukup dan unsur pelanggarannya terpenuhi, bisa ditingkatkan statusnya ke penyidikan. ”Nanti lihat hasil penyelidikan seperti apa dulu, terus kita gelarkan,” bebernya.

Sebelumnya, indikasi pelanggaran pidana dalam pembangunan tower seluler di Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro semakin kuat, dengan disegelnya bangunan oleh Satpol PP Kabupaten Jombang.  Kini, gantian Polres Jombang akan mendatangi lokasi, kaitannya dengan dugaan pelanggaran UU 32 tahun 2009 atas pendirian tower di Dusun Genjongkidul, Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro.

”Kebetulan rencana kita koordinasi dengan dinas terkait, sampai sekarang belum,” beber Kasatreskrim Polres Jombang AKP Azi Pratas Guspitu. Kasatreskrim menyebut persoalan terkait pendirian tower oleh PT Centratama Menara Indonesia sudah masuk dalam agenda pembahasan di kepolisian. ”Ini juga masih kita kaji awal,’’ ujarnya. (*)

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia