Minggu, 19 May 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Peraturan Bupati Keluar, Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Segera Cair

02 Maret 2019, 10: 11: 14 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Ilustrasi: Peraturan Bupati

Ilustrasi: Peraturan Bupati (Google Image)

JOMBANG – Peraturan bupati tentang alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) yang sempat nyantol akhirnya kelar. Dengan begitu diharapkan dalam waktu dekat, kucuran DD dan ADD bisa segera dicairkan ke masing masing desa. 

Hal ini disampaikan Gatut Wijaya, Kabag Hukum Setdakab Jombang ditemui kemarin (1/3). Dijelaskan, jika verifikasi dan fasilitas Perbup DD/ADD sudah kelar. ”Alhamdulilah sudah selesai, baikPperbup DD/ADD-nya,” ujarnya.

Ia mengaku beberapa hari lalu memang ada sejumlah hal yang perlu dicermati, namun itu tidak lama. ”Kemarin mungkin masih dicermati apa yang kurang,” tambahnya.

Usai diteken bupati, kedua Perbup yang sudah dinanti kepala desa itu sudah diundangkan. Kini tinggal menunggu proses pencairan dari DPMD Jombang. ”Sudah kita undangkan, dan sekarang proses berada di DPMD Jombang,” jelas Gatut.

Dia menambahkan, sebelumnya perbup tersebut melalui tahap proses verifikasi termasuk fasilitasi di tingkat Provinsi Jawa Timur. ”Jadi kemarin juga sudah kita fasilitasi ke Jatim, dan setelah mendapat tanda tangan kita undangkan ini,” pungkasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala DPMD Jombang Darmaji menyampaikan bila DD-ADD mengalami kenaikan cukup banyak. Untuk dana desa naik sebesar Rp 36 miliar dari DD tahun sebelumnya Rp 238 miliar menjadi Rp 274 miliar. Sedangkan, untuk ADD naik sebanyak Rp 7,6 miliar dari sebelumnya Rp 119 miliar menjadi Rp 126 miliar. 

Proses selanjutnya usai Perbup DD/ADD diteken bupati, pemkab akan mengajukan pencairan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mojokerto. “Kalau sudah masuk di rekening daerah, baru nanti desa bisa mengajukan pencairan dengan syarat Perdes-nya harus benar benar sudah disusun,” jelasnya. 

Berbeda lagi untuk alokasi dana desa (ADD), untuk pencairan cukup menunggu perbup ADD rampung. ”Jika perbup ADD sudah selesai dan mendapat persetujuan bupati, desa langsung bisa mengajukan,” pungkas Darmaji. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia