Selasa, 24 Sep 2019
radarjombang
icon featured
Jombang Banget

Pelanggan Ketan Merdeka Jombang, dari Tukang Becak Hingga Menteri

25 Februari 2019, 15: 59: 33 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Warung Ketan Merdeka yang dipadati pembeli

Warung Ketan Merdeka yang dipadati pembeli (Ainul Hafidz/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Ketan Merdeka ternyata selama ini menjadi panganan favorite pengemar ketan di Jombang. Mulai dari kalangan pejabat, pengusaha, politisi hingga tukang becak, sudah biasa terlihat antre membeli ketan.

Sri Utami pemilik warung Ketan Merdeka mengakui tak jarang para pejabat di Jombang langsung mendatangi warungnya. “Memang ada yang pesan lalu dikirim ke kantor. Yang datang ke sini juga ada, walaupun tidak setiap hari,” kata Utami.

Selain dari Jombang, menurut Utami beberapa pejabat lainnya juga tak jarang memesan panganan itu. “Katanya Bu Khofifah waktu masih jadi menteri itu senang makan ketan, jadi kalau ke Jombang ada yang memesan ke sini. Kalau Bu Mundjidah (bupati) ini pesan ketika ada tamu, dikirim ke pendopo,” imbuh dia.

Tak heran karena bukanya masih pagi buta, makanan ini cocok disajikan sebelum beraktifitas atau sebelum sarapan. Apalagi takarannya pas, tidak terlalu kenyang yang memakannya. “Karena itu bukanya setelah salat Subuh,” sambung Utami.

Nama Merdeka sendiri menurut Utami selain mengikuti jalan setempat yang dulunya adalah Jalan Merdeka, meski sekarang berganti Jalan Gus Dur nama Merdeka masih tetap dipakai.

Pemberian nama itu juga bukan dia atau perintis usaha kuliner itu. Namun, para pelanggan yang memberikan nama itu. “Jadi dulu itu ada pelanggan dari Blitar ke sini, terus bilang ke teman-temannya. Supaya mudah diingat pakai nama jalan waktu itu masih Jalan Merdeka,” ungkap Utami.

Saking setianya pelanggan Ketan Merdeka hingga memberikan nama berupa stiker yang menempel pada kaca warungnya itu. “Sekarang hanya tulisan Khetan Merdeka, dulu itu pernah sampai dikasih nomor dan alamatnya lengkap. Kemudian diganti itu,” pungkas Utami sembari menunjuk stiker itu.

Ketan Merdeka memang sudah memiliki pelanggan yang sangat banyak. Terpantau mereka sampai rela mengantre hingga di luar warung. Ada yang memesan ada pula yang dimakan di warung.

Beberapa pelanggan lainnya juga nampak harus balik kucing lantaran ketan sudah habis terjual, meski waktu masih menunjukkan pukul 05.30 WIB. Untuk itu, agar bisa menikmati gurihnya pilihan kuliner Jombang ini ada baiknya datang lebih pagi. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia