alexametrics
Senin, 21 Sep 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Gasing, Permainan Tradisional yang Masih Dilestarikan Anak-Anak Ngoro

25 Februari 2019, 10: 34: 34 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Anak-anak di Kecamatan Ngoro saat bermain gasing

Anak-anak di Kecamatan Ngoro saat bermain gasing (Azmy Endiyana/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Zaman yang semakin modern bukan berarti membuat permainan tradisional hilang ditelan bumi. Seperti yang dilakukan sekelompok anak kecil di Desa Badang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

Mereka setiap sepulang sekolah mengadu gasing. Mirip dengan permainan beyblade yang sempat populer di kalangan anak-anak beberapa tahun lalu.

Nathan, salah satu bocah yang ditemui koran ini mengatakan, permainan gasing ini sekilas memang mirip beyblade. Namun benda yang berbeda cara bermain dan bahan baku.

Sedangkan gasing sendiri terbuat dari kayu. Bahkan, gasing yang mereka adu hasil buatan sendiri. “Kalau pulang sekolah dan ada teman-teman, kami bermain gangsing,” katanya.

Bocah yang masih duduk di bangku SD ini pun asyik memainkan benda tersebut bersama teman-temannya. Meski awalnya cukup ribet karena harus menggulung tali penarik gasing, lama kelamaan dianggap sebuah tantangan.

Apalagi semua terbayar dengan keseruan saat semua gasing berputar di arena. “Begini malah lebih asyik dibanding dengan bermain baybalde,” pungkas dia. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia