Senin, 26 Aug 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Cor Retak, Rangka Besi Jalan Nasional Kementerian PUPR Mulai Terlihat

22 Februari 2019, 16: 04: 04 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Salah titik kerusakan di jalan nasional proyek Kementerian PUPR

Salah titik kerusakan di jalan nasional proyek Kementerian PUPR (Ainul Hafidz/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Kondisi cor jalan nasional yang baru selesai dikerjakan Desember 2018 lalu makin rusak. Paling parah terpantau di depan Pasar Peterongan kemarin. Rangka besi mulai terlihat di permukaan jalan.

Hartanto, salah seorang warga menerangkan, kerusakan sudah terjadi usai proyek Kementerian PUPR itu selesai dikerjakan. Semula hanya retakan yang memanjang. “Awalnya dulu retak-retak saja, kemudian melebar sekarang jadi memutar,” kata dia.

Meski sudah ditutup dengan aspal, namun kerusakan semakin parah. Untuk saat ini sudah semakin melebar hingga membuat cor sudah tidak utuh. “Besinya sekarang sudah kelihatan,” imbuh dia.

Kerangka besi yang berada persis di sambungan nampak dengan jelas. Sementara penutupan yang sebelumnya dilakukan, aspalnya sudah tidak terlihat lagi. “Aspalnya sudah nggak ada, malah besinya muncul,” sambung dia.

Melihat kondisi itu dia sendiri mempertanyakan kualitas proyek Rp 46,2 miliar itu. “Padahal baru saja dibangun, belum ada tiga bulan rusaknya sudah kayak ini. Besinya malah sekarang sudah kelihatan,” beber Hartanto.

Selain di lokasi itu,  kerusakan juga terjadi di titik lain yang lokasinya tak jauh. Kerusakan juga hampir sama. Hanya saja rangka besi cor tak sampai kelihatan. “Setelah flyover (Peterongan) itu juga parah. Sudah ditambal ternyata rusak lagi, soalnya retaknya sampai bawah,” pungkas dia.

Sementara, dikonfirmasi Adi Suwito Pelaksana Teknis dari BPPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) Wilayah VIII Surabaya mengatakan, pihaknya akan segera turun ke lapangan.

“Segera  cek ke lapangan sama penyedia jasa yang bertanggungjawab. Kalau rusaknya sudah parah akan dipotong, kita perbaiki,” kata Adi Suwito  melalui pesan WhatsApp.

Untuk diketahui, proyek rekonstruksi jalan nasional adalah proyek milik Kementerian PUPR yang dilaksanakan Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan II Surabaya.

Menggunakan dana APBN 2018, proyek ini didanai Rp 46,2 miliar dari pagu anggaran Rp 66 miliar. Baru rampung dikerjakan Desember 2018. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia