Senin, 18 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Berdalih Sudah Lakukan Kajian, RSUD Jombang Akan Tambah Empat Lantai

17 Februari 2019, 13: 17: 51 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Di lahan sempit ini RSUD Jombang berencana membangun gedung empat lantai.

Di lahan sempit ini RSUD Jombang berencana membangun gedung empat lantai. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Direktur RSUD Jombang Pudji Umbaran menyebut sudah melakukan kajian secara matang terkait rencana pembangunan gedung Paviliun Mawar Rp 14 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Meski letaknya sempit karena bangunan dua lantai itu terletak di tengah tengah bangunan yang ada di RSUD.

Kepada Jawa Pos Radar Jombang, Pudji mengatakan, sudah melakukan kajian terkait dengan pembangunan gedung tersebut. ”Sudah kita lakukan kajian. Jadi itu sudah masuk dalam masterplan kita,” ujar dia kemarin.

Ditanya terkait luasan lahan, Pudji belum bisa menjawab secara rinci. Seingat dia, gedung tersebut dibangun di atas lahan seluas 1.000 m2 lebih. ”Kalau rincinya saya tidak hafal. Yang jelas luasnya kalau tidak salah 1.000 persegi lebih lebih,” tambahnya.

Dia mengklaim, gedung tersebut akan mampu menampung 100 bed pasien. Lengkap dengan beberapa fasilitas di dalamnya, termasuk toilet dan beberapa ruang pelayanan. ”Nanti untuk pintu masuknya lewat IGD dari depan,” papar dia.

Bahkan, sesuai masterplan, bukan hanya membangun gedung dua lantai. Pihaknya justru akan menambah dua lantai lagi dengan sumber anggaran yang berbeda. Anggaran pertama dari DAK dan kedua dari pihaknya sendiri.

”Nanti rencananya empat lantai. Pertama dua lantai dulu, lalu ke depan kita tambah dua lantai dengan anggaran kita. Tapi struktur bangunan  sudah kita siapkan empat lantai,” jelas dia.

Kondisi ini dipastikan membuat kondisi RSUD makin sesak, minimnya lahan dipastikan RSUD ke depan tidak memiliki ruang terbuka untuk pasien. Apalagi, mulai dari ujung timur hingga barat sudah penuh dengan ruangan ruangan pasien. Mulai kelas I, kelas VIP, kelas VVIP hingga kelas suite room maupun HCU.

Apakah RSUD tidak ingin mencari lahan yang lebih layak untuk pengembangan kedepan? Saat ini Pudji mengatakan belum. Namun dari rencana awal sebenarnya pemkab pada 2015 silam pernah mewacanakan untuk memasukan lahan Dinas Kesehatan sebagai pengembangan RSUD Jombang.

”Memang benar, kita sudah mengajukan ke Bupati Jombang saat itu periode pak Nyono Suharli, namun dalam perjalannya belum. Otomatis kita tidak membangun gedung,” beber dia. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia