alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Disimpan di Tennis Indoor, Kotak Suara Pemilu Rawan Kehujanan

14 Februari 2019, 11: 02: 51 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Ribuan kotak suara berbahan kardus mulai dirakit di gedung tenis Jalan Kusuma Bangsa kemarin.

Ribuan kotak suara berbahan kardus mulai dirakit di gedung tenis Jalan Kusuma Bangsa kemarin. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Ribuan kotak suara berbahan kardus yang berada di gedung tenis Jalan Kusuma Bangsa mulai dirakit. Hanya saja, tingkat keamanan kotak suara setelah dirakit patut dipertanyakan.

Sebab, tempat yang dipakai perakitan sekaligus penyimpanan memiliki bagian terbuka di bagian atap. Apalagi saat terjadi hujan angin, air hujan bisa masuk ke dalam gedung melalui sela tersebut.

Dalam merakit ribuan kotak tersebut, KPU tak merekrut tenaga pendukung, melainkan memaksimalkan tenaga yang sudah ada. Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Jombang kotak tersebut berjumlah 21.475 unit.

Masing masing TPS akan mendapat jatah lima kotak sesuai dengan jumlah pemilihan yang dilakukan. ”Pelipatan ini tersebar di tiga titik, di sini (gedung tenis), di GOR dan di gudang KPU,” ujar Ketua KPU Muhaimin Shofi.

Saat disinggung mengenai bagian terbuka pada atap gedung tenis, pihaknya menyadari. Kendati demikian, pria asli Gresik ini mengatakan meski terjadi hujan air tidak akan masuk ke dalam gedung.

”Insyaallah tidak sampai kebocoran. Karena kita sudah siapkan antisipasi. Semisal nanti ada kebocoran akan kita jaga supaya air tidak sampai mengenai kotak suara,” jelas dia.

Begitu pula soal kekuatan, Muhaimin juga menjamin jika kotak tersebut cukup kuat dan aman saat nanti didistribusikan ke masing masing PPK hingga turun ke TPS. Untuk mengukur kekuatan kotak tersebut, pihaknya sendiri membuktikan hal itu dengan cara duduk di atas kotak saura.

”Tadi kami cek cukup kuat, karena bahan yang dipakai terbuat dari bahan khusus. Bukan kardus sembarangan,” jelas dia. Sementara itu, usai dirakit kotak kotak tersebut hanya ditumpuk ke tempat yang sudah disediakan.

Di bawahnya, tidak ada lapisan plastik atau benda lain. Kondisi ini harus menjadi atensi KPU sebab jika hujan kondisi lantai akan lembab dan berpotensi merusak kotak suara.

”Jadi memang untuk sementara ini kita tidak melapisi dengan plastik. Namun itu akan kita lakukan saat pengepakan nanti, sekalian membungkus semua dengan plastik agar lebih aman saat di distribusikan ke TPS,” pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP