Kamis, 21 Feb 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Aneh, Khusnul Tak Mendapat KIS Meski Terdaftar di Jamkesda Provinsi

08 Februari 2019, 09: 33: 26 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Khusnul Romadoni bersama ibunya, Mursini menunjukkan kartu Jamkesda Provinsi Jawa Timur kemarin (7/2).

Khusnul Romadoni bersama ibunya, Mursini menunjukkan kartu Jamkesda Provinsi Jawa Timur kemarin (7/2). (Mardiansyah Triraharjo/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG – Kondisi Khusnul Romadoni, pemuda berusia 23 tahun asal Dusun Ingas Pendowo RT 01/RW 02, Desa/Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, yang tak terdaftar dalam program Kartu Indonesia Sehat (KIS) dibenarkan pemerintah desa setempat.

Kepala Dusun Ingas Pendowo Budianto saat dikonfirmasi mengatakan Khusnul Romadoni, salah satu warganya, memang tergolong Rumah Tangga Miskin (RTM) karena berpenghasilan rendah.

Selain tidak terdaftar di program KIS, Khusnul dan keluarganya juga disebut Budianto tak terdaftar di program Beras Keluarga Sejahtera (Rastra). Padahal saat masih sekolah, Khusnul dan keluarganya merupakan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

“Itu yang membuat kami pusing, dia sudah punya Jamkesda provinsi, seharusnya punya KIS dan ikut menerima rastra. Karena yang kami tahu, KIS dibuat dengan menggunakan data peserta Jamkesda provinsi,” katanya, kemarin (7/2).

Hingga program rastra diubah menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pun, Khusnul dan keluarganya masih belum masuk daftar penerima. Padahal data yang dipakai Pemprov Jatim menerbitkan Jamkesda, menurut Budianto juga berasal dari desa dan pemerintah kabupaten.

“Kami tidak bisa berbuat banyak, karena yang bisa menerbitkan KIS atau program lainnya adalah pemerintah pusat. Kemarin dia (Khusnul) sudah kami usulkan lagi melalui TKSK agar dimasukkan daftar tambahan, tapi sampai sekarang juga belum ada hasil,” pungkasnya. (*)

(jo/mar/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia