Senin, 17 Jun 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Hama Tikus Serang Tanaman Padi, Petani Desa Bangsri Plandaan Mengeluh

06 Februari 2019, 06: 43: 58 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Sawah petani di Dusun Sembung, Desa Bangsri, Kecamatan Plandaan, yang diserang hama tikus.

Sawah petani di Dusun Sembung, Desa Bangsri, Kecamatan Plandaan, yang diserang hama tikus. (Azmy Endiyana/Jawa Pos Radar Jombang)

PLANDAAN – Petani di Dusun Sembung, Desa Bangsri, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang mengeluhkan hama tikus yang menyerang padi. Sebab dikhawatirkan, serangan hama tikus tersebut menyebabkan panen tidak bisa maksimal. 

”Sudah beberapa hari ini serangan hama tikus menyerang padi,” ujar Sukamad, salah seorang petani kepada koran ini beberapa waktu kemarin. Saat ini, usia padi miliknya sudah berusia kurang lebih dua bulan.

Dalam usia dua bulan tentu sudah bisa diharapkan hasilnya. Bila diserang tikus terus menerus, maka ia merasa khawatir hasilnya tidak seperti yang diharapkan. ”Kalau terus-terusan menyerang seperti ini maka dapat dipastikan gagal panen,” imbuhnya.

Dia mengaku, serangan hama tikus di tempatnya cukup meluas. Sejak beberapa hari terakhir, ada sekitar 15 hektare sawah milik warga yang sudah rusak dimakan tikus secara berkelompok. ”Para petani sudah sangat terganggu dengan serangan tikus ini,” tuturnya.

Berbagai cara sudah dilakukan untuk menghilangkan populasi tikus di sawah. Selain menggunakan racun tikus yang dipasang di beberapa titik, para petani juga rutin melakukan gropyokan.

”Setiap siang petani rutin melakukan gropyokan bersama,” ungkap Sukamad. Hingga berita ini diturunkan, lanjut dia, serangan hama tikus di wilayah Plandaan belum mendapat respon dari dinas terkait.

Karena itulah dia berharap, Dinas Pertanian Jombang segera turun tangan untuk membantu petani tuntaskan serangan hama tikus tersebut. ”Kami berharap ada perhatian dari pemerintah untuk mengatasi hama tikus tersebut,” pungkasnya. (*)

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia