Kamis, 21 Feb 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Pemkab Jombang Pastikan Tak Ada Seleksi CPNS di 2019, Ini Penyebabnya

05 Februari 2019, 15: 39: 00 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Pelaksanaan ujian CPNS di Simpang Lima Gumul Kediri tahun lalu. (ilustrasi)

Pelaksanaan ujian CPNS di Simpang Lima Gumul Kediri tahun lalu. (ilustrasi) (Mardiansyah Triraharjo/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG – Rencana pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan kembali merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 ini, akhirnya terjawab.

Rencana itu hanya diperuntukkan kepada daerah yang sebelumnya belum menggelar rekrutmen CPNS, baik karena bencana alam atau sebab lain.

Kepastian ini diterima Pemkab Jombang usai menghadiri rapat koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta, pekan lalu.

“Untuk tahun ini Kabupaten Jombang tidak lagi menggelar pengisian CPNS, karena pengisian 2019 hanya berlaku untuk daerah yang sebelumnya belum menggelar,” ungkap Kepala BKD Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Jombang, Senen, kemarin (4/2).

Meski pada pengisian CPNS tahun lalu ada formasi yang belum terisi, menurutnya pemerintah pusat tidak mengharuskan daerah menggelar rekrutmen CPNS lagi.

“Awalnya memang pengisian CPNS 2019 ini juga melibatkan daerah yang formasinya belum terisi penuh. Tapi pemerintah pusat menyatakan tidak perlu lagi membuka seleksi CPNS,” imbuhnya. 

Selain rapat koordinasi, di Jakarta ia juga mengaku menerima sosialisasi mengenai PP Nomor 49 Tahun 2018. “Daerah di Jawa Timur tahun lalu tidak semuanya menggelar seleksi CPNS, jadi masyarakat Jombang bisa mengikuti seleksi CPNS di daerah yang nanti membuka lowongan,” tambah Senen. 

Lantaran tahun ini tak ada pengisian CPNS lagi, maka pihaknya akan fokus merampungkan proses pemberkasan pelamar CPNS yang sudah lolos seleksi sebelumnya. Termasuk kelengkapan pemberkasan administrasi pelamar. (*)

(jo/mar/mar/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia