Jumat, 15 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Kota Santri

Di Dusun Ngepeh; Umat Hindu-Kristen Aktif Iuran Konsumsi Pengajian

25 Januari 2019, 10: 23: 58 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Masjid Quba di Dusun Ngepeh yang sering menjadi tempat pengajian

Masjid Quba di Dusun Ngepeh yang sering menjadi tempat pengajian (Mardiansyah Triraharjo/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Toleransi beragama di Dusun Ngepeh terlihat sangat kuat bahkan dalam hal-hal yang sangat kecil. Salah satu contohnya, warga bergama Hindu dan Kristen hampir tak pernah absen ikut iuran konsumsi saat ada jadwal pengajian di Masjid Quba. Mereka justru merasa tersinggung, jika takmir masjid tidak memberi tahu kalau ada pengajian di masjid.

“Ini yang unik dari warga Hindu dan Kristen di Dusun Ngepeh, ada tarikan (iuran, Red) nasi kotak untuk pengajian mereka selalu ikut. Guyonannya kepada kami, meski non muslim mereka juga menyebut sebagai warga Nahdlatul Ulama,” kata Ketua Takmir Masjid Quba H.Muhammad Ali Anshori, ditemui kemarin (24/1).

Tak hanya aktif berpartisipasi menyumbang konsumsi pengajian, warga non muslim di Dusun Ngepeh juga sering membantu warga ketika ada kegiatan peringatan hari besar Islam (PHBI). Mulai dari meramaikan takbir keliling menyambut Idul Fitri, hingga terlibat sebagai panitia hari raya Idul Adha. “Mereka justru tersinggung kalau tidak diajak,” lanjutnya.

Sementara untuk warga muslim, menurut Ali juga sering terlibat dalam pengamanan gereja ketika hari raya Natal atau hari besar lain. “Warga muslim juga sering jaga parkir kendaraan umat Hindu yang sembahyang di pura,” tambah Muhammad Ali.

Kuatnya toleransi beragama inilah yang membuat Dusun Ngepeh sering jadi jujugan studi banding beberapa organisasi keagamaan. Bahkan menjadi obyek penelitian beberapa perguruan tinggi di Indonesia. “Terakhir kemarin ada rombongan delegasi pelajar dari 18 negara, datang ke Dusun Ngepeh untuk melihat warga muslim bercengkerama dengan warga Hindu dan Kristen,” pungkasnya. (*)

(jo/mar/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia