Kamis, 23 Jan 2020
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Besok, Pemkab Jombang Bertemu Kemen PAN-RB Bahas Rekrutmen PPPK

22 Januari 2019, 10: 42: 34 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Pelaksanaan ujian CPNS di Simpang Lima Gumul Kediri tahun lalu (ilustrasi)

Pelaksanaan ujian CPNS di Simpang Lima Gumul Kediri tahun lalu (ilustrasi) (Mardiansyah Triraharjo/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hingga kini masih belum jelas. Aturan teknis tentang pelaksanaan rekrutmen PPPK, belum turun ke daerah.

Padahal sejak Desember 2018 lalu, pemerintah pusat sudah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Kepala BKD Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Jombang Senen mengatakan, sampai sekarang pemkab masih belum menerima aturan teknis meski sempat beredar rumor rekrutmen PPPK akan digelar Februari mendatang.

“Sampai sekarang belum ada aturan teknisnya, aturan yang baru keluar adalah peraturan pemerintah. Untuk peraturan menteri, belum,” ungkap Senen kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (21/1).

Ia menyebut tak ada perkembangan apapun mengenai rekrutmen PPPK sejak peraturan pemerintah tersebut keluar. “Sejak keluar PP, sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya,” imbuhnya.

Namun Senen menyebut, Rabu (23/1) besok Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan menggelar rapat bersama seluruh BKDPP kabupaten/kota untuk membahas PPPK.

“Lusa ada undangan rapat ke Jakarta, informasinya membahas PPPK. Tapi kami belum tahu apakah akan membahas pelaksanaan rekrutmen, atau baru sebatas sosialisasi peraturan pemerintah,” tambah Senen.

Karena belum ada aturan teknis, Senen mengatakan Pemkab hanya bisa menunggu. “Sama seperti rekrutmen CPNS, baru bisa kami laksanakan kalau sudah ada aturan teknisnya,” pungkas Senen.

Untuk diketahui, keluarnya PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK membuka peluang bagi masyarakat yang sebelumnya tidak lolos seleksi CPNS untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan perjanjian kerja. Tak hanya Jabatan fungsional (JF),  PPPK juga bisa mengisi jabatan pimpinan tinggi (JPT) tertentu. (*)

(jo/jpr/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia