Sabtu, 07 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Separator Ambrol di Proyek Jalan Kementerian PUPR Terus Ditemukan

11 Januari 2019, 12: 09: 08 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Separator di jalan nasional ruas Peterongan porak poranda setelah ditabrak truk

Separator di jalan nasional ruas Peterongan porak poranda setelah ditabrak truk (Achmad RW/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Kerusakan bangunan jalan nasional milik Kementerian PUPR di Jalan Raya Peterongan terjadi lagi. Kemarin, sejumlah separator jalan porak poranda setelah ditabrak truk.

Lokasi kerusakan berada 200 meter barat Pasar Peterongan. Terlihat kondisi separator amburadul. Beberapa sambungannya yang menjadi retak. Posisi pemasangan yang sebelumnya lurus berubah menjadi berbelok.

Sejumlah tambalan semen pada separator bekas ini juga terlihat hancur. Bahkan, karena rusaknya separator ini, lubang menganga di tengah sambungan menjalar hingga lebih dari tiga meter panjangnya.

Tak saja mengubah susunan separator dan membuat retakan pada tambalan. Kerusakan ini juga membuat material separator yang sebelumnya penuh gempalan dan ditambal kembali terlihat rusak.

Menurut warga, kerusakan ini mulai muncul setidaknya sejak beberapa hari terakhir. “Belum lama, masih satu dua harian ini kalau tidak salah,” ucap Nurhadi. Menurutnya, kerusakan ini kemungkinan terjadi pada malam hari. setelah ada truk yang menyenggol bangunan separator.

“Kayaknya memang malam, karena saya tahunya pagi itu sudah dalam kondisi rusak begitu,” lanjutnya. Meski telah menyebut kerusakan ini diakibatkan senggolan kendaraan, dirinya menyebut kerusakan ini menunjukkan rendahnya kualitas dan kekuatan bangunan separator ini.

“Ya memang kan dari awal sudah kelihatan rapuh, ternyata kan benar, disenggol saja sudah ambyar begitu bangunannya. Semennya juga kelihatan ditempelkan saja, tidak benar-benar rekat. Beda sekali sama separator yang dulu,” sambungnya.

Ia dan warga pun berharap ada perbaikan segera pada kerusakan separator itu hingga tak menambah bahaya pengendara yang lewat. “Ya harusnya memang segera dibenahi lah, yang lebih kuat, biar tidak membahayakan juga,” pungkasnya.

Sebelumnya kerusakan serupa juga sempat terjadi, namun di sisi yang berbeda. Kerusakan terjadi di dekat Taman Kebonratu Peterongan Jombang. Sepanjang lima meter separator di lokasi ini rusak. Penyebabnya pun sama, disenggol truk. Bahkan di lokasi ini, kerusakan sudah terjadi untuk ketiga kalinya. (*)

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia