Rabu, 20 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Jombang Banget

Air Terjun Tretes Wonosalam; Medan Sulit, Wisatawan Ngos-Ngosan

08 Januari 2019, 18: 43: 51 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Sejumlah pengunjung tampak terlihat ngos-ngosan karena jalan cukup terjal dan menanjak.

Sejumlah pengunjung tampak terlihat ngos-ngosan karena jalan cukup terjal dan menanjak. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Beberapa pengunjung terlihat ngos-ngosan ketika menaiki jalan setapak menuju lokasi Air Terjun Tretes. Rute ini cocok bagi ingin uji kebugaran tubuh. Tanjakan per tanjakan harus dilewati pengunjung sebelum sampai di lokasi.

”Jalannya terjal dan menantang, sehingga harus jalan kaki,’’ ujar Andik salah satu pengunjung kemarin (19/8).

Bersama lima temannya, dia tampak sekali kelelahan ketika berjalan menuju Pos Tahura padahal jarak yang ditempuh kurang 1 KM dari pos itu, dengan tanjakan yang makin lumayan sulit dan menantang. Beberapa pengunjung memilih membawa motor mereka hingga Pos Tahura.

Namun itu sangat berisiko karena samping kiri-kanan jalan tidak ada pembatas melainkan langsung jurang. ”Motor saya, saya parkir di pos bawah yang pertama tadi. Sehingga saya harus jalan sekitar empat kilometer,’’ terangnya.

Meski akses sulit, jika pengunjung bisa menikmati suasana alam seolah jalan terjal bukan hambatan. Sepanjang jalan, hawanya sangat sejuk, ditambah rindangnya pepohonan dan suara burung membuat perjalanan makin menyenangkan.

Ditemui terpisah, Kades Galengdowo Wartomo membenarkan jika akses menuju wisata Air terjun Tretes sudah direncanakan dan segera dibangun. Jika tidak molor, tahun depan anggaran bakal turun dan pembangunan akan langsung dimulai.

”Jadi sesuai rencana,  pembangunan jalan ini membutuhkan anggaran sekitar Rp 12 miliar,’’ uja dia. Sesuai hasil koordinasi, akses menuju wisata tersebut akan dibangun selebar 4 meter dengan kisaran panjang dua kilometer mulai dari pos parkir pertama hingga pos tahura. ”Insyaallah jika anggarannya akan turun,’’ tandasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia