Rabu, 20 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

DPD Golkar Jombang Akui Sumbangan Dana Kampanye Masih Nol Rupiah

08 Januari 2019, 13: 11: 37 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Kabupaten Jombang Budiman

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Kabupaten Jombang Budiman (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG - Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Kabupaten Jombang Budiman tak menampik jika partainya belum menerima sumbangan dana kampanye dalam bentuk apapun. Sehingga, laporan dana kampanye ke KPU terbilang 0 rupiah.

Budiman menjelaskan, pada laporan dana kampanye yang pertama yakni laporan awal dana kampanye (LADK) saldo dana kampanye partai berlambang pohon beringin itu 0 rupiah. ”Begitu juga pada laporan sumbangan dana kampanye ini juga nihil, 0 rupiah,” ujar dia ditemui kemarin (7/1).

Belum adanya dana yang masuk tersebut, kata Budiman, lantaran hingga sekarang belum ada sumbangan dana yang masuk. Baik dari parpol, caleg sendiri maupun pihak lain termasuk badan hukum. Sehingga pihaknya melaporkan sumbangan dana kampanye 0 rupiah.

”Ya tidak masalah. Kami laporkan apa adanya memang begitu, karena memang belum ada bantuan apapun baik dari provinsi maupun dari pusat,” tambahnya.

Menurut dia, tidak ada salahnya bila memang belum ada sumbangan yang masuk ke rekeningnya. Hal tersebut wajar-wajar saja dan tidak mengganggu performa partainya. Apalagi, tidak hanya Partai Golkar yang belum menerima sumbangan dana kampanye, beberapa partai lain juga demikian.

”Kan tidak ada aturan misalnya parpol harus menerima sumbangan dana kampanye sekian atau sekian,” papar dia. Bagaimana dengan kegiatan kampanye caleg Partai Golkar selama ini? Termasuk pemasangan atribut kampanye alias APK milik Partai Golkar se Kabupaten Jombang.

Budiman mengatakan, untuk pemasangan APK maupun kegiatan kampanye, secara keseluruhan dibiayai caleg yang bersangkutan. Selama ini dari parpol belum bisa membiayai pemasangan APK per caleg maupun kegiatan kampanye yang dilakukan caleg-caleg.

”Kami belum ada kegiatan kampanye terbuka. Namun teman-teman sendiri sudah turun ke dapil mereka untuk menyapa dan silaturahim,” tandasnya. Budiman menyebut, meski belum ada sumbangan dana kampanye yang masuk. Namun Partai Golkar akan menyampaikan secara rinci pada laporan dana kampanye yang ketiga nanti.

Mulai dari kegiatan awal kampanye, hingga pengeluaran dana kampanye selama musim kampanye. ”Benar, pada laporan ketiga akan kita laporkan semua. Mulai pemasangan APK dan kampanye terbuka,” pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia