Rabu, 20 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Heboh Sungai Dipenuhi Busa, Ini Penjelasan Dinas PUPR dan Polsek Diwek

07 Januari 2019, 22: 13: 43 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kondisi sungai Avur Pranggang yang dipenuhi busa.

Kondisi sungai Avur Pranggang yang dipenuhi busa. (Ainul Hafid/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Petugas kepolisian langsung bergerak cepat melakukan penyelidikan untuk mencari sumber munculnya busa di sungai Dusun Pranggang, Desa Brambang, Kecamatan Diwek.

Kapolsek Diwek AKP Bambang Setyo Budi mengatakan, pihaknya langsung mendatangi TKP setelah menerima informasi dari warga. Pasalnya busa di sungai yang terus meninggi, mengundang perhatian warga dan pengguna jalan.

“Busa itu muncul tepat dibawah grujugan air bendungan, dan muncul secara tiba-tiba pada petang tadi. Anggota sudah mengambil sample air sungai, dugaan sementara air sungai mengandung deterjen,” katanya.

Agar tak menimbulkan keresahan, Bambang menghimbau masyarakat tidak membuat dan menyebarkan spekulasi apapun terkait busa yang muncul di sungai.

“Kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait. Busa juga sudah disiram dengan air agar tak semakin tinggi, masyarakat yang berkerumun di lokasi juga kami himbau untuk pulang,” tambahnya.

Sementara itu Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Imam Bustomi juga mengaku sudah menerima laporan terkait busa di sungai Dusun Pranggang.

“Itu adalah sungai Avur Pranggang, dan memang dibawah kewenangan kami. Besok kami akan cek lapangan untuk mencari dari mana datangnya air yang mengandung deterjen itu,” kata Imam saat dikonfirmasi.

Diberitakan sebelumnya, suasana malam permukiman warga Dusun Pranggang, Desa Brambang, Kecamatan Diwek, Senin (1/7) malam berubah menjadi heboh. Warga kaget karena air salah satu sungai yang melintasi wilayah tersebut, berubah menjadi lautan busa.

Bahkan ketinggian busa mencapai kurang lebih tiga meter, melewati jalan yang berada diatas sungai dan kepala warga. Menurut Hariadi, salah satu warga, busa pertama kali muncul sekira pukul 17.30 WIB. (*)

(jo/naz/fid/mar/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia