Senin, 18 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Olahraga

Raih 73 Medali, Inkanas Jombang Juara Umum di Piala Kapolda Jatim

07 Januari 2019, 11: 56: 46 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Salah satu karateka asal Jombang yang bertanding di Kejurda Inkanas Piala Kapolda Jatim

Salah satu karateka asal Jombang yang bertanding di Kejurda Inkanas Piala Kapolda Jatim (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Kontingen Jombang pulang dari Kejuaraan Institut Karate-do Nasional (Inkanas) se Jawa Timur di GOR Gajah Mada, Kota Mojokerto, dengan kepala tegak. Dari 115 karateka yang dikirim, Kabupaten Jombang memborong sedikitnya 73 medali.

Jumlah medali yang diraih juga terbanyak dari kontingen lain, sehingga dengan hasil ini kontingen Jombang dinyatakan sebagai juara umum dalam kejuaraan yang merebutkan Piala Kapolda Jatim tersebut. Hasil ini memenuhi target yang ditetapkan Pengurus Daerah FORKI Kabupaten Jombang. Juara umum yang diraih tahun ini juga mengulang hasil sukses pada kejuaraan dua tahun lalu.

“Hasil yang bagus di awal tahun, mudah-mudahan semangat anak-anak tidak kendor. Ini baru awal, kami minta jangan sampai tergiur dengan prestasi tinggi. Apalagi bermalas-malasan dalam latihan,” kata Ade Rengga, pelatih Forki Jombang kemarin. 73 medali yang diraih terdiri dari 22 medali emas, 22 medali perak, dan 29 mecdali perunggu.

Banyak nomor pertandingan yang diikuti karateka Jombang. Tidak hanya kumite yang dibagi menjadi banyak kategori sesuai berat badan, tapi juga kata. Rengga mengatakan hasil ini setimpal dengan usaha yang sudah dilakukan karateka yang dikirimkan. Ia melihat semua karateka bertanding dengan maksimal dan penuh semangat.

Para karateka menurutnya bahkan rela meninggalkan kejuaraan terbuka tingkat nasional di Pasuruan akhir Desember lalu, agar bias melakukan persiapan untuk kejuaraan ini. “Karena jika keduanya diikuti, khawatir fokus latihan akan terpecah dan berimbas pada target yang tidak dapat diraih,” imbuhnya.

Kualitas karateka asal Kabupaten Jombang di Kejurda ini memang terlihat jauh lebih unggul dibandingkan karateka kabupaten/kota lain. Hal itu bisa diukur dari jumlah medali yang diraih juara kedua, yang hanya meraih 31 medali.

Kejuaraan ini sendiri dibuka Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Toni Harmanto, Jum’at (4/1) lalu. Sedikitnya 1200 karateka ikut dalam kejuaraan Inkanas ke IV ini, mulai dari tingkat amatir hingga remaja. (*)

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia