Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Pemilu Tiga Bulan Lagi, 22 Ribu Warga Jombang Masih Belum Cetak KTP-el

07 Januari 2019, 10: 00: 25 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Perekaman KTP-el yang dilakukan di salah satu kantor kecamatan

Perekaman KTP-el yang dilakukan di salah satu kantor kecamatan (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Pemilu 2019 tinggal tiga bulan lagi. Tapi, angka penduduk yang hingga kini belum melakukan perekaman KTP-el di Jombang terpantau cukup besar. Data terakhir yang berhasil dihimpun menyebut hingga angka 22.000 lebih.

“Sampai tanggal 3 Januari 2019, data penduduk di Jombang yang sampai 17 April 2019, dan belum melakukan rekam sejumlah 22.890 orang,” terang Plt Kepala Dispendukcapil Jombang, Dwi Yudawati, kemarin.

Seluruh penduduk yang belum merekam itu menurutnya tersebar di seluruh kecamatan di Jombang. Misalnya saja tiga kecamatan terlihat memiliki angka penduduk yang belum merekam tertinggi, meliputi Kecamatan Jombang dengan 2.547 warga, Kecamatan Diwek 2.189 warga dan Kecamatan Mojowarno 2.075 warga.

“Memang bervariasi, masing-masing kecamatan tidak sama jumlahnya. Seperti Ngusikan cuma 200 orang saja yang belum merekam,” lanjutnya. Data ini disebutnya juga masih terus berubah setiap hari. Terlebih jika ada perubahan perpindahan masuk dan keluar.

Dwi menambahkan, bakal terus melakukan kegiatan perekaman di banyak tempat. Setidaknya untuk upaya mengurangi angka penduduk yang belum merekam KTP-el, terutama untuk kebutuhan Pilpres April nanti.

“Target kami untuk mengejar itu pertama direkam di sekolah-sekolah, juga di desa-desa. Apalagi di seluruh kecamatan sudah ada alat untuk perekaman,” sambungnya. Bahkan, Dwi menyebut di hari H pencoblosan nanti, proses cetak dipastikan tak akan berhenti. Untuk pelayanan cetak kartu akan tetap diberlakukan saat hari pencoblosan.

“Pelayanannya biasa saja nanti, seperti pilkada kemarin. Intinya kami masih akan melayani sampai 17 April, juga buka layanan pada saat hari pencoblosan,” pungkas dia. (*)

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia