Senin, 18 Nov 2019
radarjombang
icon featured
Events

TB Care Aisyiyah Jombang Ikut Berkontribusi Tekan Penyebaran TBC

31 Desember 2018, 18: 02: 39 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kader TB Care Aisyiyah Jombang dalam kegiatan sosialisasi penyebaran TBC

Kader TB Care Aisyiyah Jombang dalam kegiatan sosialisasi penyebaran TBC (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Angka temuan penderita TBC (tuberculosis) diprediksi semakin meningkat di Kabupaten Jombang. Hal itu merupakan imbas positif dari program kontak investigasi untuk pasien TBC, dengan gerakan 1-30 (1 indek-30 kontak) dari 1 pasien menyisir mencari 1-30 orang yang dekat dengan pasien yaitu kontak erat dengan kontak serumah.

Ini merupakan salah satu komitmen TB Care Aisyiyah untuk menanggulangi penyebaran penyakit TBC di Kabupaten Jombang. ”Temuan kasus TBC rata rata setiap bulannya 30-40 penderita, ditambah dengan program TB MDR (resisten obat) yang melakukan pengobatan di RSUD Jombang ada 54,” ujar Ida Sukarsih, Koordinator TB Care Aisyiyah Jombang.

Menurut Ida, hal itu seharusnya menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah untuk bisa menekan penyebaran atau penularan penyakit TBC. Dengan adanya peraturan daerah (Perda TBC), pihaknya berharap ini berdampak pada masyarakat untuk memperoleh kemudahan dalam melakukan pengobatan.

Jajaran pengurus TB Care Aisyiyah Jombang foto bersama Bupati Mundjidah Wahab

Jajaran pengurus TB Care Aisyiyah Jombang foto bersama Bupati Mundjidah Wahab (Istimewa)

Terutama pada pasien TBC untuk kumis tebal (kumuh miskin dan terbelakang), dan masyarakat yang jauh dari fasyankes. Serta mereka penderita TBC MDR yang mendapat stigma negatif masyarakat, tidak punya pekerjaan karena berhenti bekerja, mendapat efek samping obat dan transportasi ke fasyankes setiap hari.

”Untuk menjadikan jombang yang bermartabat dan berdaya saing, harus dimulai dari menaikan derajat kesehatan. Jika masyarakat sehat akan kuat bekerja dan berkarya. Untuk itu lewat komunitas TB Care Aisyiyah, membuat pelatihan pemberdayaan ekonomi dan social lewat sekitar atau lintas OPD,” pungkasnya. (adv/ric)

(jo/ric/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia