Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Pencari Rumput Temukan Mortir Sisa Perang Dunia II di Hutan Wonosalam

31 Desember 2018, 12: 51: 34 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Petugas kepolisian dan kades Wartomo mengamankan benda diduga mortir sisa perang dunia II.

Petugas kepolisian dan kades Wartomo mengamankan benda diduga mortir sisa perang dunia II. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Ketenangan warga Dusun Sanggar, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam dikagetkan dengan penemuan benda diduga mortir sisa peninggalan perang dunia II. Mortir ditemukan  seorang petani benama Ngaderi yang sedang mencari rumput di hutan wilayah Jombang-Kediri, Kamis (27/12) lalu.

Ditengah tengah dia mencari rumput, tiba-tiba sabitnya mengenai benda keras di dalam. Diapun berusaha menggalinya. Dia menemukan sebuah benda mirip mortir  karatan, berdiameter sekitar 8 centimeter  dan panjang  40 cm. ”Setelah itu dibawa pulang oleh pak Ngaderi,’’ ujar Kades Galengdowo, Wartomo, Sabtu (29/12).

Setelah beberapa hari dibawa pulang, Ngaderi tidak memberitahukan kepada siapa-siapa termasuk kepala desa karena mengira benda tersebut hanya besi tua. Bahkan, mortir tersebut sempat dipakai mainan anaknya. ”Lalu secara tak sengaja pak Kasun Sanggar, Purwinto mengetahui kalau benda itu adalah mortir tua. Dan bergegas melapor ke saya,’’ tambahnya.

Usai mendapat informasi tersebut Wartomo pun menindaklanjuti dengan koordinasi ke polsek dan koramil setempat. ”Lalu kami amankan dan dibawa ke Polsek Wonosalam,’’ pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto membenarkan, temuan mortir tersebut sudah berkarat. ”Dugaan kami amunisi ini peninggalan Perang Dunia II, kondisinya kemungkinan masih aktif,’’ terangnya.

Peluru mortir tersebut, lanjut Fadli, diamankan Polsek Wonosalam dengan kardus yang di dalamnya diisi pasir. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya benturan amunisi dengan benda keras lainnya. ”Nanti peluru ini akan ditindaklanjuti oleh rekan-rekan TNI," pungkas dia. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia