Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Lama Mampet Akibat Sedimentasi, Saluran Air di Kabuh Bakal Dikeruk

30 Desember 2018, 06: 00: 59 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kondisi saluran yang selama ini sering mampet lantaran terdampak galian, bakal segera dinormalisasi

Kondisi saluran yang selama ini sering mampet lantaran terdampak galian, bakal segera dinormalisasi (Ainul Hafidz/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Warga di sekitar saluran yang ada di Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang untuk sementara bisa bernafas lega. Ini setelah saluran yang selama ini sering mampet lantaran terdampak galian, bakal segera dinormalisasi.

Kades Karangpakis Waridi mengaku sudah menyampaikan kondisi mampetnya saluran air untuk warga tersebut. ’’Kemarin disampaikan dari pengairan Ploso akan dikeruk pakai beckhoe. Kabarnya Rabu nanti sudah mulai,’’ katanya saat dikonfirmasi tadi malam (28/12).

Ia tak mengelak, bila selama ini saluran untuk pertanian warga mampet dan tidak bekerja optimal. ’’Memang benar disitu jurusan Kali Lis Kabuh banyak lumpur. Kalau nggak dikeruk memang susah, soalnya untuk pengairan sawah,’’ imbuh dia.

Karena tertutup lumpur itulah kala hujan turun, air tak jarang meluber hingga ke jalan-jalan. ’’Ðulu memang airnya nggak bisa jalan, karena air tidak bisa jalan sampai ke timur,’’ sambung Waridi.

Pihaknya sendiri mengklaim material yang menumpuk pada saluran yang ada di dekat jalan provinsi itu berasal dari sungai, bukan material sisa galian. ’’Jadi itu tanah dari sungai jurusan Lis Kabuh di Sumberaji. Bukan dari gunung,’’ tutur dia.

Informasi terakhir yang dia terima menyebut, saat ini masih menunggu beckhoe yang akan mengeruk saluran karena harus gantian. ’’Katanya kemarin itu masih antre, posisi beckhoe sekarang masih di Plandaan,’’ pungkasnya. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia