Senin, 26 Aug 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Bantuan Komputer untuk 47 SMP Negeri-Swasta Mulai Disalurkan

29 Desember 2018, 11: 59: 07 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Perangkat komputer yang sudah datang di salah satu sekolah

Perangkat komputer yang sudah datang di salah satu sekolah (RICKY VAN ZUMA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Bantuan  komputer untuk menunjang pelaksanaan UNBK SMP  2019 mendatang sudah disalurkan. Sebanyak 47 SMP terdiri dari 33 SMP negeri dan 14 SMP swasta menerima bantuan komputer ini. 

”Alhamdulillah bantuan komputer sudah diserahkan dan didistribusikan ke SMP penerima masing-masing. Tapi memang masih dalam masa liburan sekolah jadi belum disetting,” ujar Sri Retno Ponconingtyas, Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang kemarin (28/12).

Bantuan komputer ini dianggarkan Rp 11,5 Miliar bersumber dari dana Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD tahun 2018. Setiap SMP penerima memperoleh bantuan terdiri dari 22 PC komputer, 1 server, headphone, UPS, kabel konektor dan perlengkapan  penunjang UNBK.

Tak hanya UN, UASBN nantinya juga akan dilaksanakan dengan berbasis komputer seluruhnya. ”InsyaAllah SMP di Jombang 2019 nanti SMP sudah 100 persen UNBK baik SMP negeri maupun swasta,” lanjutnya.

Diakuinya UN 2018 lalu tidak sampai separo SMP di Jombang yang menyelenggarakan UNBK. Dari 123 SMP terdiri dari 48 SMP negeri dan 75 SMP swasta, hanya 50 SMP terdiri dari 23 SMP negeri dan 27 SMP swasta yang sudah menerapkan UNBK baik menjadi penyelenggara maupun menggabung. Lantaran masih terkendala pada fasilitas komputer.

”Yang dibantu komputer ada 47 SMP ini wajib menyelenggarakan UNBK. Untuk SMP yang terkendala komputer nanti akan menggabung ke SMP yang menyelenggarakan UNBK,” tandasnya.(*)

(jo/ric/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia