Kamis, 23 Jan 2020
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Jelang Malam Tahun Baru, Polres Jombang Sisir Motor Knalpot Brong

27 Desember 2018, 09: 34: 18 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Pengendara kenalpot brong di jalan Adityawarman, Kaliwungu dijaring petugas kemarin sore.

Pengendara kenalpot brong di jalan Adityawarman, Kaliwungu dijaring petugas kemarin sore. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Menjelang Tahun Baru 2019, kepolisian mulai mewaspadai kendaraan bermotor khususnya yang menggunakan knapot tak standar alias brong. Seperti terpantau di Jalan Adityawarman, Kaliwungu, Kecamatan Jombang kemarin sore.

Dua pengendara motor tak berhelm dihentikan petugas. Motor mereka  digelandang ke markas untuk diamankan. Pantauan kemarin, dua remaja yang bercelana pendek itu tampak pasrah ketika dihentikan petugas. Tiga petugas kepolisian menghentikan mereka karena knapot tak standar.

”Ini pakai knalpot brong,’’ ujar Haris, petugas di lokasi (26/12). Usai meminta surat tanda kelengkapan berkendara, akhirnya petugas memberikan surat tilang dan membawa motor jenis Honda ulung itu ke markas. 

Kasatlantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana, mengatakan menjelang tahun baru pihaknya mewaspadai penggunaan knalpot tak standart. Jika ditemukan harus dihentikan untuk ditindak. ”Jadi kami memang melarang penggunaan knalpot brong,’’ ujar dia dihubungi terpisah. 

Selama menjelang tahun baru, pihaknya sudah mengamankan 14 kendaraan memakai knalpot brong. Motor bakal disita dan akan dikembalikan usai tahun baru nanti. ”Akan kami amankan dan bisa diambil usai tahun baru,’’ jelas dia. 

Pihaknya khawatir keberadaan kendaraan dengan knalpot tak standar itu akan menimbulkan kegaduhan di malam tahun baru. Apalagi saat mereka turun ke jalan, dikhawatirkan akan menimbulkan keresahan masyarakat yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban.

”Nanti kalau mereka bleyer-bleyer malah memicu keributan, sehingga kami tindak langsung kalau menemukan kendaraan berkenalpot brong,’’ papar dia. Pihaknya juga sudah melakukan pendekatan ke beberapa pasar dan pedagang knalpot.

Pihaknya mengimbau agar tidak menjual knalpot brong selama momentum tahun baru. ”Kami sudah mengimbau kepada penjual knalpot untuk tidak menjual dulu pas selama malam tahun baru ini,’’ pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia