Rabu, 27 Mar 2019
radarjombang
icon featured
Berita Daerah

Libur Panjang, Jumlah Pengunjung Wisata Sumber Biru Melonjak

25 Desember 2018, 11: 00: 59 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Wisatawan yang berlibur di wisata Sumberbiru, Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam

Wisatawan yang berlibur di wisata Sumberbiru, Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

JOMBANG – Lokasi wisata Sumber Biru, Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam, mulai dikenal masyarakat. Kemarin (24/12), lokasi wisata tergolong anyar ini mulai banyak didatangi pengunjung, meningkat hingga dua kali lipat.

”Kalau hari normal pengunjung per hari mencapai 400-500 orang,’’ ujar Tekat Slamet pengelola wisata. Namun pada hari libur panjang, bertepatan dengan natal dan tahun baru ini jumlah pengunjung bisa mencapai 1.000 lebih per hari. ”Kami menghitung dari jumlah karcis yang keluar,’’ tambahnya.

Di wisata ini, pengunjung bisa makam sambil berendam di sungai. Pengunjung tampak krasan berlama-lama merendamkan kaki mereka di air. ”Apalagi beberapa hari ini tidak hujan, sehingga pengunjung makin banyak,’’ pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Waluyo Adi, Kades Wonomerto mengaku jika wisata tersebut makin ramai. Masyarakat setempat terus bergotong-royong membangun fasilitas baru agar pengunjung makin betah.

”Mereka swadaya sendiri, pakai dana sendiri dan dikelola sendiri, dan Alhamdulilah sekarang semakin berkembang,’’ ujar dia. Wisata tersebut, berdiri di atas lahan seluas 4 hektare yang terbagi dalam 11 setifikat hak tanah warga.

Dahulunya, area wisata tersebut merupakan tempat pembuangan akhir (TPA). Namun warga setempat bekerja keras selama delapan bulan membangun wisata. ”Dan Alhamdulilah sekarang bisa mendongkrak perekonomian warga setempat,’’ pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia