Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Libur Panjang, Terminal Kepuhsari Tetap Sepi Penumpang

25 Desember 2018, 08: 00: 59 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kondisi ruang tunggu penumpang di Terminal Kepuhsari yang sepi meski ada libur panjang

Kondisi ruang tunggu penumpang di Terminal Kepuhsari yang sepi meski ada libur panjang (Ricky Van Zuma/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Libur natal dan tahun baru yang bersamaan dengan libur sekolah kali ini tak mampu mendongkrak jumlah penumpang di Terminal Kepuhsari Jombang. Justru yang terlihat kemarin (24/12), tidak terjadi lonjakan penumpang sedikitpun. Bahkan, cenderung sepi lantaran tidak semua armada bus masuk terminal.

”Memang sepi sekali, hanya bus jurusan Malang dan Tuban saja yang masuk ke terminal. Bus jurusan Surabaya, Kediri, Madiun dan lainnya langsung bablas, otomatis tidak ada yang kesini (masuk terminal),” ujar Murji’in, salah satu pedagang asongan ditemui kemarin.

Hal ini yang membuat usaha para pedagang baik warung maupun asongan kian lesu. Berbeda dengan kondisi  beberapa tahun silam, setiap memasuki liburan terminal selalu ramai penumpang. Kini, roda perekonomian di Terminal Kepuhsari kian seret.

”Kami berharap semua bus wajib masuk lagi ke terminal, jadi usaha teman-teman bisa ramai lagi. Kalau begini banyak yang gulung tikar. Saya juga heran padahal terminal lain wajib masuk, hanya terminal Jombang saja yang bebas,” ungkapnya. Tak heran, pada momen liburan seperti sekarang keberadaan terminal sepi.

Imam Sudjianto, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang membenarkan jika tidak mewajibkan bus masuk terminal. ”Dalam masa transisi ini memang tidak mewajibkan bus masuk. Kalau masuk monggo kalau tidak juga tidak apa-apa, ketika masuk pun kami tidak memungut retribusi,” tuturnya kepada Jawa Pos Radar Jombang.

Ia cukup memahami keluhan para pedagang yang bekerja untuk mencari nafkah. Namun pihaknya tidak dapat berbuat banyak lantaran belum ada keputusan resmi. Imam juga belum mengeluarkan kebijakan apapun terkait hal ini.

Sehingga libur natal dan tahun baru tidak ada persiapan tertentu karena memang tidak ada lonjakan penumpang. ”Yang jelas semua petugas di terminal bertugas seperti biasanya,” tandasnya. (*)

(jo/ric/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia