Minggu, 15 Dec 2019
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Antisipasi Hujan, Kotak Suara Berbahan Kardus Dibungkus Plastik

20 Desember 2018, 18: 44: 53 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kotak suara berbahan kardus ini akan dibungkus dengan plastik agar tidak kena air.

Kotak suara berbahan kardus ini akan dibungkus dengan plastik agar tidak kena air. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – KPU Kabupaten Jombang benar-benar melakukan antisipasi total agar kotak suara berbahan kardus tidak rusak. Misalnya kehujanan ketika didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS). Rencananya, KPU akan membungkus kotak suara tersebut dengan plastik.
Kotak suara berbahan double wall dengan ketebalan karton 6 mm tersebut, memang bersifat kedap air. Namun, karena bahan utama terbuat dari karton tetap saja akan basah dan rusak jika sampai kehujanan. ”Jadi sebelum kita distribusikan ke PPK, PPS hingga TPS nanti akan kita bungkus plastik,’’ ujar Heri Subagyo, Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Jombang kemarin (19/12).
Dijelaskan, alasan pihaknya melakukan antisipasi tersebut agar kotak suara tetap aman ketika dipakai coblosan 17 April nanti. Apalagi, dari survei yang dilakukan, kondisi pendapa/gudang kecamatan maupun desa tidak semuanya tertutup tembok. Dikhawatirkan jika kehujanan akan kena air. ”Sebenarnya dari segi penampilan memang kurang efisien, namun itu bentuk antisipasi keamanan agar pemilu di Jombang berjalan lancar,’’ beber Heri.
Kotak suara berwarna putih tersebut memiliki spesifikasi ukuran 40 x 60 cm. Pihaknya berencana membungkus kotak tersebut dengan plastik agak besar ukuran 90 x 130 cm. KPU sendiri sudah melakukan pembelian plastik dengan harga Rp 2.650. ”Harga itu sudah termasuk pajak, dan kita beli sesuai kebutuhan kotak suara sebanyak 4.295,’’ terangnya memerinci.
Pihaknya tak ingin, kejadian kotak suara kehujanan di daerah Bandung, Jawa Barat pekan lalu ikut terjadi di Jombang. Sehingga pihaknya melakukan komuniksi dengan KPU RI untuk antisipasi keamanan dengan dibungkus plastik. ”Jadi awalnya itu antisipasi kita, lalu setelah kita koordinasikan dengan KPU RI akhirnya disetujui untuk antisipasi dibungkus plastik,’’ tegasnya.
Sesuai rencana, ribuan kotak suara itu akan di packing oleh PPK dan PPS di GOR Merdeka Jombang sebelum didistribusikan ke TPS. Rencananya dilakukan sebulan sebelum coblosan. ”Pengepakan dilakukan di GOR, di dalamnya ada tinta, surat suara, dan  formulir. Bahan keperluan TPS itu kita bungkus plastik satu per satu, dilakukan supaya kalau nanti kehujanan itu tetap aman terlindungi oleh plastik itu. Kemudian plastiknya juga akan kita bungkus, sehingga lebih aman,’’ pungkasnya. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia